Tiga Aspek Ini Wajib Dididik Dalam Diri Mahasiswa

  • Bagikan
FOTO ILUSTRASI INTERNET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ada tiga aspek dalam diri mahasiswa yang perlu dididik. Yakni Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ).

Ya, dalam Training of Trainer  (ToT) pembinaan dosen pendamping kegiatan kemahasiswaan tahun 2020 yang diselenggarakan Universitas Lampung (Unila), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Yulianto mengatakan, tiga aspek dalam diri mahasiswa tersebut yang perlu dididik. Sebab, bidang kemahasiswaan bertanggung jawab dalam peningkatan EQ dan SQ mahasiswanya.

Untuk dapat meningkatkan kedua aspek tersebut, seluruh lini harus bisa berjalan bersama baik tingkat program studi, jurusan, fakultas, maupun universitas.

Baca Juga:   Audit Laporan Keungan TA 2020, Unila Raih Opini WTP dari KAP

“Kita ditantang untuk menjadikan para mahasiswa bisa berperan aktif dan berprestasi meningkatkan kemampuan soft skills-nya,” katanya, Rabu (4/11).

Pembinaan mahasiswa saat ini, lanjutnya, sudah memiliki tolok ukur yang jelas melalui pedoman-pedoman yang ada dalam Sistem Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa). Maka dari itu, para dosen pendamping dapat mempelajari jenis-jenis pendampingan dan mampu mengarahkan mahasiswa agar berprestasi.

Baca Juga:   IIB Darmajaya Peduli Jurnalis Kemanusiaan Lampung

Tentu saja hal itu disesuaikan dengan potensi mahasiswa yang ada di setiap fakultas.

Lebih lanjut ia menambahkan, pendampingan mahasiswa dapat dilakukan mulai tingkat jurusan. Dirinya akan berkoordinasi dengan para wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni di masing-masing fakultas guna menyiapkan dua dosen pendamping mahasiswa pada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.

“Mudah-mudahan berkat pendampingan bapak ibu semua, mahasiswa Unila bisa meningkat prestasinya. Bisa bagus SQ, EQ, di samping IQ-nya meningkat,” ujar guru besar Fisip Unila tersebut.

Baca Juga:   IIB Darmajaya Peduli Jurnalis Kemanusiaan Lampung

Ia menambahkan, tahun ini Unila akan memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Tak hanya itu, pembinaan mahasiswa yang disetarakan dengan pembinaan akademik akan diupayakan agar dosen pendamping juga bisa mendapatkan  reward. (rur/rls/sur)



  • Bagikan



Bejat! Paman Cabuli Keponakan Hingga Hamil Delapan Bulan ASDP Tak Melayani Pemudik, Kecuali…