Meski Ditengah Pandemi, Pengabdian Harus Tetap Dilaksanakan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung (Unila), menggelar Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat bertemakan Membangun Masyarakat Cerdas di Masa Adaptasi Kebiasaaan Baru yang berlangsung selama dua hari, 6-7 November.

Ketua LPPM Unila Lusmeilia Afriani, menuturkan, tridarma perguruan tinggi selalu menjadi tugas utama para dosen dan peneliti. Melalui pengabdian masyarakat, menurutnya, dosen dan peneliti dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dikatakannya, di masa pandemi, pengabdian harus tetap dilaksanakan. Untuk itu, Unila mengucurkan dana pengabdian sebagai antisipasi berbagai hambatan saat pengabdian dilaksanakan di masa pandemi.

Baca Juga:   Petakan Potensi Desa di Lambar Menuju Desa Maju Berbasis Digital

“Kegiatan ini juga merupakan sarana dan wadah para peneliti untuk memublikasikan hasil-hasil pengabdian dan penelitian agar mudah diimplementasikan kepada masyarakat nantinya,” ujarnya.

Lusmeilia mengatakan, seminar nasional tersebut juga sebagai momen untuk bertukar misi, metode, dan pemikiran dalam hal pengabdian dan penelitian demi terwujudnya strategi tepat guna bagi masyarakat.

“Hasilnya atau outputnya dari seminar ini antara lain dapat tersusunnya  prosiding, serta jurnal pengabdian kepada masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga:   Audit Laporan Keungan TA 2020, Unila Raih Opini WTP dari KAP

Sementara, Rektor Unila, Karomani menyampaikan, tridarma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan/pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat adalah satu kesatuan dan tak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, perguruan tinggi harus menghasilkan luaran yang berguna bagi masyarakat.

Ia menambahkan, hilirisasi inovasi hasil penelitian harus diwujudkan untuk kepentingan masyarakat dan membawa dampak bagi pembangunan bangsa.

Baca Juga:   Besok UTBK SBMPTN, Simak Lokasi dan Hal yang Wajib Diperhatikan

“Dan Unila yang kini berada pada tahap penguatan daya saing internasional, diharapkan dapat bersinergi dengan program-program termasuk program petani Berjaya Provinsi Lampung,” pungkasnya. (rur/rls/yud)



  • Bagikan



Bejat! Paman Cabuli Keponakan Hingga Hamil Delapan Bulan ASDP Tak Melayani Pemudik, Kecuali…