oleh

Ini Warning Dinas PMD Pesawaran untuk Desa Soal SPP dan Siskudes

RADARLAMPUNG.CO.ID- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pesawaran menekankan seluruh desa untuk menyesuaikan surat permintaan pembayaran (SPP). Yakni caranya dengan Sistem Keuangan Desa (Siskudes) guna mengantisipasi penyimpanan dana desa

“Kami selalu menekankan bahwa untuk pencairan dana desa yang sudah ditransfer harus sesuai dengan SPP inputing dari Siskudes. Jika sudah dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku, Insyaallah penyimpangan bisa di minimalisir” ungkap Kepala Dinas PMD Pesawaran, Zuriadi melalui Kasi pengelolaan keuangan desa Dinas PMD Kabupaten Pesawaran, Richie Yoaniago, Minggu (8/11).

Dinas PMD tidak hanya berkoordinasi dengan pihak desa saja. Namun akan berkoordinasi dengan inspektorat Kabupaten Pesawaran untuk kesesuaian anggaran disetiap akhir tahun anggaran. Dan setelah diperiksa inspektorat, akan dilakukan pemeriksaan ulang kembali oleh dinas PMD Kabupaten Pesawaran untuk memastikan dana desa sudah terealisasi sepenuhnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Dari inspektorat setelah melakukan pemeriksaan reguler, lalu menembuskan pelaporan ke kami, biasa nya akhir tahun anggaran diperiksa kalau ditemukan ada ketidak sesuaikan. Setelah itu, kami akan kroscek kembali pada penyusunan laporan APBDes tahun berikutnya untuk kami lakukan kroscek dan kalau ada ketidak sesuaian akan dikembalikan ke kas desa,”ucapnya.

Selain itu, lanjut Richie untuk 2020 saat ini pihak inspektorat bisa mengakses Siskudes melalui online guna mengetahui kesesuaian realisasi dana desa yang sudah direalisasikan dilapangan.

“Tahun ini Siskudes di kabupaten pesawaran sudah online dan inspektorat bisa masuk untuk mengaskes ke Siskudes, untuk mengetahui kesesuaian dana desa yang sudah direalisasikan sepenuhnya dilapangan” tandasnya.(ozi/wdi)

Komentar

Rekomendasi