oleh

Lantai Jembatan Waysemangka Jebol, Warga Swadaya Perbaiki

RADARLAMPUNG.CO.ID– Jembatan waysemangka di Pekon Tuguratu Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat, beberapa waktu kembali jebol. Kerusakan pada lantai jembatan berupa kayu tersebut kembali dilakukan perbaikan secara swadaya oleh pihak Kecamatan, Pekon, Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama masyarakat di wilayah itu.

Camat Suoh Novi Andry, SKM, M.M., mengatakan, sembari menunggu penanganan lebih lanjut dari pihak terkait, berupa pembangunan lantai jembatan yang permanen, maka pihaknya rutin melakukan perbaikan-perbaikan pada lantai jembatan.

”Ini sudah menjadi kegiatan rutin kami, kalau rusak kami perbaiki, kerjasama antara kecamatan, pekon, Babinsa, Bhabinkamtibmas Alhamdulillah terjalin dengan baik dan kepedulaian serta budaya gotong-royong ditengah masyarakat masih terjaga dengan baik,” kata da.

Menurut Novi, jembatan tersebut meskipun merupakan jembatan rangka baja, namun tetap tidak memungkinkan untuk bisa dilintasi kendaraan bermuatan berat, khususnya kendaraan dengan tonase diatas dua ton. Mengingat lantai jembatan berupa kayu, sementara pelindung dari jembatan tersebut berupa atap sebelumnya rusak dan hilang akibat terjanga angin kencang.

”Untuk kendaraan tonase diatas dua tone, kami berharap bisa melintasi jembatan lainnya yang berada tidak jauh dari jembatan tersebut. karena bagaimanapun juga lantai jembatan waysemangka itu berupa kayu, dan tentunya hanya mampu menahan beban yang terbatas,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan lanjutan untuk jembatan tersebut telah diusulkan kepada pemeritah daerah, sehigga nantinya lantai jembatan akan lantai jembatan permanen. Hanya saja ia mengimbau masyarakat untuk memaklumi kondisi saat ini, mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki.

”Usulan sudah kita sampaikan sehingga kita menunggu kesiapan dan juga ketersediaan dana dari pemerintah daerah untuk pembangunannya, sehingga ketika lantai jembatan sudah lantai beton maka kendaraan bermuatan bisa lebih leluasa melintas,” imbuhnya. (nop/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi