oleh

Rektor IIB Darmajaya Berharap Suntikan Anggaran Perguruan Tinggi Proporsional

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI akan menaikkan total anggaran untuk perguruan tinggi sebesar 70 persen. 2021 mendatang.

Bantuan akan diberikan melalui tiga program: intensif untuk PTN, matching fund, dan competitive fund.

Menanggapi hal itu, rektor IIB Darmajaya Firmansyah Y Alfian mengatakan, sebagai praktisi dan akademisi, dirinya bersyukur jika anggaran untuk perguruan tinggi meningkat.

“Mudah-mudahan itu bisa terealisasi. Sebagai perguruan tinggi swasta, kita berharap anggaran tersebut diberikan secara proporsional. Artinya tidak hanya dominan ke PTN, tetapi juga PTS selaku salah satu pelaku pendidikan,” ujarnya, Senin (9/11).

Anggaran tersebut akan diberikan melalui tiga program, salah satunya competitive fund atau program kompetisi kampus merdeka. Firmansyah mengaku, kampusnya sudah terlebih dahulu melakukan kerjasama-kerjasama dengan industri maupun lembaga profesional lainnya.

“Bahkan sebelum melakukan launching kampus merdeka, salah satunya bagaimana kerjasama dengan industri dan menciptakan inovasi, kami sudah melakukannya. Bukan hanya dengan dunia industri, tetapi juga dengan perguruan-perguruan luar negeri,” kata Ketua APTISI Wilayah II-b tersebut.

Ia menambahkan, pihaknya juga mendorong mahasiswa Darmajaya untuk menjadi technopreneur. “Kita mendorong mereka menjadi start up-start up baru. Mudah-mudahan apa yang disampaikan pak menteri bisa terealisasi,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi