oleh

Pengendara Sepeda Motor Dominasi Pelanggaran Lalu Lintas, Korban Meninggal Dunia Menurun

RADARLAMPUNG.CO.ID – Operasi Zebra Krakatau 2020 telah usai. Dalam kegiatan ini, pengendara sepeda motor mendominasi pelanggaran lalu lintas.

Tercatat, selama berlangsungnya Operasi Zebra sejak 26 Oktober hingga 8 November 2020, Polda Lampung dan jajaran telah mengeluarkan 605 surat tilang. Juga 1.603 teguran.

Wadir Lantas Polda Lampung AKBP Muhammad Ali didampingi Kasubbid Penmas Bidhumas AKBP Zulman Topani menjelaskan, Operasi Zebra kali ini lebih ke upaya preventif, preemtif, dan edukatif. Serta simpatik ke masyarakat.

“Persentase penindakan ditentukan sebesar 20 persen. Tapi karena ada arahan dari Mabes Polri, Operasi Zebra kali ini tidak ke arah penindakan,” katanya, Senin (9/11).

“Tapi kami sempat melakukan penindakan beberapa hari sebelum ada arahan dari Mabes Polri,” lanjutnya.

Pelanggaran pengendara sepeda motor meliputi tak memakai helm. Pun tidak melengkapi surat-surat kendaraan.

Sementara itu, Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Lampung AKBP Zulman menambahkan, selama pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau 2020, terdapat 40 kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Angka itu mengalami penurunan dari tahun 2019, yakni 43 angka lakalantas.

“Korban meninggal dunia juga menurun. Di mana pada tahun ini sebanyak 11 jiwa, sedangkan tahun 2019 sebanyak 16 korban,” jelasnya.

Sedangkan untuk korban luka berat tahun ini sebanyak 26 orang, menurun dari tahun 2019, yakni 27 orang.

“Korban luka ringan pada tahun ini 30 orang, naik dari tahun 2019 yakni 31 orang. Jadi kegiatan operasi zebra tahun ini lebih diperbanyak edukasi lalulintas, pembagian sembako, dengan mengedepankan protokol kesehatan,” pungkasnya. (ang/sur)

Komentar

Rekomendasi