oleh

Ribuan Personel TNI AD Serbu Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ribuan personel dari seluruh TNI Angkatan Darat (AD), yang tergabung dalam Brigade Tim Pertempuran (BTP) akan melaksanakan pelatihan tempur antar kecabangan Kartika Yudha 2020 di Martapura, Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan.

Mereka berjumlah 3.123 dari Brigif R-9/2 Kostrad. Tak hanya itu saja, ada juga personel pendukung yang akan mengikuti latihan ini dengan jumlah 1.872. Dengan total yang akan terlibat yakni 4.995 personel.

Dankodiklat TNI AD Letjen TNI AM. Putranto mengatakan, para personel itu memang sengaja diberangkatkan dari Pelabuhan Panjang, Lampung. Menuju Pusat Latihan Tempur Kodiklat TNI AD.

“Ada sebagian personel yang akan menggunakan kendaraan roda empat. Juga naik kereta api. Mereka akan berlatih tempur dalam rangka peningkatan ketahanan negara dan kedaulantan negara, hingga 27 November 2020,” katanya, Selasa (10/11).

Mantan Komandan Korem (Danrem) 043/Garuda Hitam (Gatam) ini menambahkan, latihan ini bertujuan meningkatkan profesionalisme prajurit. Juga kesiapan tempur angkatan darat.

“Yang nantinya selain akan dilakukan pelatihan personel, juga ada pelatihan penggunaan alutsista terbaru,” katanya.

Seperti misalnya ada Helikopter MI-35, Tank Leopard, Meriam Astros, Meriam Caesar, Meriam Artileri Pertahanan Udara RBS 70, dan lainnya. Di mana, kegiatan latihan tempur dan kegiatan lainnya, tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Dirinya berpesan ke para personel agar berlatih dengan sungguh-sungguh. “Manfaatkan latihan dengan maksimal, hingga bangun komunikasi antar kecabangan,” pungkasnya. (ang/sur)

Komentar

Rekomendasi