oleh

Warning Plt. Bupati Pesawaran : Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

RADARLAMPUNG.CO.ID- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Pesawaran Eriawan mengingatkan semua satuan kerja dan steakholder terkait penanggulangan bencana untuk terus meningkatkan kemampuan.

“Mari kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan kita semua dalam menghadapi bencana yang dimulai dari diri kita, keluarga dan Komunitas, karena kita semua sadar bahwa bencana datang pada tempat dan waktu yang tidak kita ketahui,”ungkap Eriawan saat apel siaga bencana Kabupaten Pesawaran Tahun 2020, di lapangan Pemda, Selasa (10/11).

Selain itu, Eriawan juga mengingatkan agar semua satker dan stakeholder mengintensifkan komunikasi dan koordinasi. Sehingga penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Pesawaran dapat berjalan secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh. “Khususnya dalam menghadapi fenomena alam LA NINA yang diperkirakan akan terjadi pada tahun ini,”imbaunya.

Wilayah Pesawaran merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi. Dimana secara geografis wilayah Pesawaran terdiri dari daerah pesisir pulau dan pantai, daerah pegunungan, hutan dan daerah yang memiliki aliran sungai yang cukup banyak.

“Apel siaga Bencana ini diperlukan untuk melihat kesiapan kita semua dalam rangka mengantisipasi bencana baik secara personil maupun ketersediaan sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang ada. Hal ini mengingat tanggungjawab penyelenggaraan penanggulangan bencana bukan hanya terletak pada pemerintah tapi juga merupakan tanggung jawab masyarakat dan semua sektor kehidupan termasuk dunia usaha,”ucapnya.

Paradigma Penanggulangan Bencana saat ini lanjut Eriawan harus mengedepankan upaya prepentif atau Pencegahan dan Kesiapsiagaan dari pada upaya persepektif responsive arau penanganan darurat. Dan paradigma prepentif ini harus menjadi cara pikir dan cara tindak dalam upaya penanggulangan bencana sehingga dapat meminimalisir korban yang timbul akibat bencana. (ozi/wdi)

Komentar

Rekomendasi