oleh

Waspada, Kawanan Gajah Berpencar Saat Malam!

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tim gabungan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Bidang Wilayah II Liwa, Resort Suoh bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat memantau pergerakan 12 ekor gajah yang muncul di Pekon Bumi Hantatai, Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS). Kawanan hewan berbelalai ini terlihat sejak dua pekan terakhir.

Berdasar pantauan, gajah-gajah tersebut berpencar menjadi beberapa kelompok pada malam hari. Mereka terpisah dengan jarak antara 1-2 kilometer.

Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki mengatakan, rumah dan gubuk milik masyarakat yang rusak akibat diserang kawanan gajah sebanyak 53 unit.

Termasuk penambahan dua rumah di Talang Baru Kapal, Rabu malam yang ditinggalkan pemiliknya mengungsi.

”Sekarang kawanan gajah berpencar saat malam. Ini menyulitkan kami untuk memantau pergerakannya. Namun ketika siang, berdasar pantauan melalui GPS collar, kawanan gajah tersebut berkumpul kembali. Kondisi ini cukup membahayakan,” kata Sulki.

Menurut dia, tim gabungan akan terus memantau pergerakan gajah. Kemudian melakukan upaya agar hewan-hewan itu kembali ke kawasan taman nasional.

”Saat malam, kami ronda bersama masyarakat. Terus memantau pergerakannya. Posisi kawanan berada di sekitar Talang Masjid atau Talang Gajah. Warga, khususnya perempuan dan anak-anak telah kami minta untuk mengungsi sementara, sampai keadaan benar-benar aman,” tegas Sulki.

Anggota DPRD Lambar Sugeng Hari Kinaryo Adi mengatakan, untuk sementara penghalauan dilakukan dengan peralatan seadanya. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi