oleh

Ingat, Isi Kejujuran Dulu Baru Jawab Soal Akhir Semester

RADARLAMPUNG.CO.ID – Penilaian akhir semester jenjang SMP di Bandarlampung akan didahului dengan mengisi pernyataan tentang kejujuran. Hal tersebut sebagai langkah membentuk karakter jujur dalam mengerjakan soal penilaian akhir semester yang akan digelar awal Desember mendatang.

Sekretaris 2 MKKS SMP Bandarlampung M. Yusri mengatakan, sebelum mengerjakan soal semester, siswa diminta untuk mengisi pertanyaan-pertanyaan tentang kejujuran. Hal itu juga sebagai pendidikan karakter ke siswa untuk melakukan sesuatu berlandaskan nilai kejujuran.

“Kita kan online ujian semesternya. Jadi, sebelum siswa mengerjakan soal, mereka diminta untuk mengisi semacam pakta integritas, agar siswa siap menjawab jujur dalam mengerjakan soal. Karena kita tidak bisa langsung mengawasi. Dan jika siswa belum mengisi pertanyaan itu, siswa tidak bisa mengerjakan soal. Kejujuran itu yang paling utama,” jelasnya, Kamis (12/11).

Kemudian, terkait siswa yang tidak memiliki gawai sebagai pendukung untuk mengerjakan soal ujian semester, pihak sekolah akan menyiapkan alternatif lain dengan mencetak soal dalam bentuk fisik.

“Itu nanti kreativitas sekolah, bagaimana caranya soal itu bisa sampai ke siswa. Pada prinsipnya, seluruh siswa mengikuti ujian semester tersebut,” imbuhnya.

Lebih jauh ia menuturkan, pengerjaan soal secara online maupun offline atau luring juga tidak dibatasi waktu. Artinya, siswa bisa mengerjakan soal tidak harus di pagi hari.

“Jika dalam satu keluarga hanya memiliki satu gadget dan digunakan tiga anak sekaligus di waktu yang bersamaan, itu tidak mungkin. Pasti akan bergantian. Jadi, siswa tidak harus mengerjakannya di pagi hari. Ya waktunya dibuat fleksibel,” terangnya.

Ia menambahkan, terkait soal, guru mata pelajaran sudah merakit sedemikian rupa yang disesuaikan dengan penyederhanaan kurikulum.

“Karena kita masih di masa pandemi Covid-19, jadi target tidak harus terpenuhi. Tetapi, soal tetap sesuai dengan kisi-kisi, dan kurikulum yang disesuaikan. Soal dalam bentuk pilihan ganda,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi