oleh

Kabar Baik, Bantuan Mantra Tubaba Disalurkan Desember

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bantuan program Maju dan Sejahtera Kabupaten Tulang Bawang Barat (Mantra Tubaba) tahun 2020 akan segera disalurkan kepada 13.250 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau Rumah Tangga Sasaran (RTS) di daerah setempat.

Bantuan langsung non tunai tahun kedua tersebut rencananya akan direalisasikan pada Desember mendatang.

Demikian diungkapkan Plt. Kepala Dinas Sosial Tubaba Somad, SP, melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial M. Yusuf, SH, Jum’at (13/11).”Sekarang sudah memasuki finalisasi data, kita targetkan Desember sudah mulai tersalurkan,”ujarnya.

Menurutnya, penyaluran bantuan Mantra Tubaba yang baru bisa dijadwalkan pada bulan Desember tersebut dikarenakan adanya perbaikan data sekitar 2.600 penerima lama yang digantikan dengan penerima baru.

“Ada yang meninggal, pindah tempat tinggal, sudah tidak layak menerima mantra, dan ada juga yang mengundurkan diri. Sehingga kita ganti dengan KPM baru yang layak menerima,”terangnya.

Sedangkan dalam proses penyalurannya akan melibatkan tiga bank, yaitu bank Bank Lampung, BNI, Bank BPRS Tani.

“Jumlah KPM Mantra  tetap berjumlah 13.250 sama seperti sebelumnya, tidak ada penambahan kuota dan nilai bantuannya Rp500 ribu per KPM. Kita berharap seluruh KPM yang menerima bantuan nantinya dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya,”harapnya.

Untuk diketahui, lanjutnya, program Mantra Tubaba merupakan salah satu program unggulan Bupati Tubaba Umar Ahmad, SP guna membantu perekonomian masyarakat kurang mampu. Program  tersebut sudah digulirkan sejak tahun 2019 lalu.

Dan di tahun 2020 ini, Pemkab Tubaba sebelumnya juga sudah menyalurkan bantuan kepada masyarakat Tubaba berupa 600 ton beras yang disalurkan kepada 60 ribu KK terdampak pandemi Covid-19 di seluruh tiyuh se-Tubaba.

“Bantuan tersebut dikucurkan tentu untuk mendampingi bantuan sosial, seperti bantuan dari  pemerintah pusat dan bantuan langsung tunai yang bersumber dari anggaran dana desa serta program tunai mantra yang ditujukan untuk meringankan perekonomian masyarakat,”ulasnya.(fei/rnn/wdi)


Komentar

Rekomendasi