oleh

RSP Unila Siapkan 20 Tempat Tidur Tampung Pasien Covid-19

 

RADARLAMPUNG.CO.ID- Pemerintah Kota Bandarlampung masih menunggu respon izin pengelola tempat yang akan menjadi tempat isolasi pasien Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Edwin Rusli menyebutkan, sementara ini RSP (Rumah Sakit Pendidikan) Unila sudah siap menampung sebanyak 20 pasien. “Sementara ini, kita sudah siapkan ruang isolasi di RSP Unila, sebanyak 20 tempat tidur, Senin mungkin sudah ada yang diisi pasien,” ungkapnya kepada Radarlampung.co.id, Jumat (13/11).

Menurutnya, sebanyak 12 rumah sakit (RS) yang menampung pasien Covid-19. Namun, ada beberapa RS yang sudah penuh, sehingga pasien yang terpapar covid-19 akan diisolasi di gedung RSP Unila lantai satu.

Akan tetapi dirinya tak menyebutkan secara pasti, rumah sakit mana saja yang sudah penuh. Edwin hanya menyebutkan, rata-rata rumah sakit, menyisakan 1 sampai 2 ruang isolasi saja. “Ya, rumah sakit ini masih bisa menampung, nantikan pasiennya ada yang sembuh,” tandasnya.

Sementara, Disebutkan Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandarlampung Ahmad Nurizki Erwandi mengatakan, hingga saat ini dari empat lokasi yang dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19, pihaknya masih menunggu respon izin yang disampaikan.

“Sampai saat ini kita masing menunggu respon dari izin yang kita lontarkan. Semoga dalam waktu dekat ini respon baik diberikan oleh masing-masing pengelola,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung akan menyiapkan penambahan ruang isolasi bagi pasien orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. Salah satunya, direncanakan salah satu gedung Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Lampung (Unila).

Walikota Bandarlampung Herman HN, mengatakan, atas pertemuan dengan pimpinan rumah sakit se-Kota Bandarlampung dan jajaran pejabat setempat, pihaknya akan menyiapkan setidaknya empat gedung sebagai tempat isolasi pasien OTG Covid-19.

Adapun empat gedung itu yakni Wisma Atlet Pahoman, Wisma Haji Masjid Agung Al Furqon, Wisma Semergou Pertiwi, dan RSP Unila. “Yang di RSP Unila ini satu gedung yang paling laik, sudah saya suruh pak sekda buat kontak pak rektor,” ungkapnya usai rapat koordinasi, Kamis (12/11). (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi