oleh

Antisipasi Klaster Pilkada, PPK Hingga PPS Disarankan Swab Test

RADARLAMPUNG.CO.ID- Menjelang Pemungutan Suara Pilkada Serentak tahun 2020, seluruh jajaran KPU Provinsi Lampung melalukan swab test, Senin (16/11).

Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami mengatakan, swan tes dilakukan mulai dari Komisoner, pejabat, hingga staff di lingkup KPU Provinsi Lampung. Ini dilakukan, kata Erwan, untuk menjaga dan mengantisipasi penyebaran Pandemi Covid-19, di 23 hari menjelang pemungutan suara.

“Biasanya memang kita rapid test rutin. Namun, ini upaya kita menjaga sebab swabtest tingkat kevalidannya lebih tinggi. Sebagai bentuk kepastian kondisi kita sehat semua menjelang pemungutan suara,” kata dia.

Untuk hasilnya, Erwan bilang, masih belum diketahui. Namun, dia memastikan sebelum di Swabtest, kondisi ke 55 punggawa KPU Provinsi Lampung dalam keadaan sehat. “Sejauh ini kondisi temen-temen komisoner dan staf alhamdulillah sehat semua. Untuk hasil kita masih memunggu,” ujarnya.

Mengenai antisipasi klaster pilkada, dia juga menyarankan KPU kabupaten/kota untuk menggelar swab test baik terhadap komisioner, juga seluruh staff, PPK, dan PPS. “Kalau bisa diswab test. Tapi melihat kondisi keuangannya. Kalau rapid saya kira sudah rutin juga,” jelasnya.

Menyikapi hal ini, Ketua KPU Kota Bandarlampung, Dedy Triadi mengatakan, pihaknya akan melalikan swabtest pada akhir November 2020.

“Kalau rapid kita rutin. Programnya jhga sudah terjadwal. Sebab ada tahapan yang juga dilakikan di lapangan. Tentunya kita dulu yang harus steril. Dan tahapan rapid selanjutnya itu dilakukan tanggal 24-26 November,” kata dia.

Untuk swab test, sambung Dedy, nantinya dikhususkan bagi komisioner dan staff yang ada di sekretariat KPU saja dilakukan sehari sebelum pemungutan suara dilaksanakan. “Kami harap nanti, baik rapid dan swabtest seluruhnya hasilnya negatif,” harapnya. (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi