oleh

Break, Break ! Ribuan Penggemar Amatir Radio Ngobrol di Udara

RADARLAMPUNG.CO.ID-Sebanyak 1.404 stasiun radio amatir berpartisipasi dalam kegiatan Special Call Orari Daerah Lampung-Lokal Pringsewu. Kegiatan tersebut dihelat Orari bekerjasama dengan RSUD Pringsewu dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 56.

Kegiatan tersebut menggunakan beberapa frekwensi. Pada High Frequency 7.120 Mhz mode SSB (40 meter band) tercatat 1.004 stasiun, kemudian pada Very High Frequency 145.500 Mhz mode FM (2 meter band) tercatat 100 stasiun, dan melalui online FT8 tercatat 300 stasiun.

Dengan total seluruhnya sebanyak 1.404 stasiun radio amatir anggota Orari di seluruh Indonesia dari area ∅ hingga 9. Dan turut pula stasiun radio amatir dari beberapa negara. Diantaranya Brunei Darussalam, Malaysia, Maldives, Japan, China, Russia, Australia, beberapa negara Eropa dan negara-negara lainnya.

Pj Ketua Orari Lokal Pringsewu, Aris Mulato (YC4XAM), didampingi Ketua DPP ORARI Lokal Pringsewu, Dalijo Haris Santoso (YB4UGP), menyatakan tema kegiatan tersebut yakni ‘Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat’.

“Tema tersebut, sangat penting untuk digaungkan, khususnya di kalangan amatir radio melalui udara, terlebih dalam suasana pandemi Covid-19 seperti saat ini, ” jelas Aris.

Acara tersebut lanjutnya juga mengajak masyarakat khususnya para amatir radio di seluruh Indonesia untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Terkait kegiatan ini, Wabup Pringsewu H. Fauzi angkat bicara. Dirinya mengapresiasi digelarnya Special Call yang diikuti ribuan peserta dari para amatir radio tersebut. (sag/wdi)

Komentar

Rekomendasi