oleh

Lampung Persiapkan Program SMK-D2 Jalur Cepat

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI melalui Ditjen vokasi meluncurkan program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)-Diploma Dua (D2) Jalur Cepat.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Sulpakar, melalui Kabid Pembinaan SMK Zuraida mengatakan, program jalur cepat tersebut masih dalam tahap persiapan.

“Memang kalau surat resmi belum, tapi ini kan masih dalam tahap persiapan. Kalau dari Lampung, program dari Ditjen vokasi ini pasti akan diikuti,” katanya, Senin (16/11).

Terkait program tersebut, lanjutnya, pihaknya masih dalam proses persiapan. Termasuk berkoordinasi dengan perguruan tinggi vokasi, juga dunia industri dan dunia kerja (Iduka).

“Karena ini juga akan menyusun kurikulum bersama. Kurikulumnya masih dipersiapkan juga dari ptv. Kalau sudah baru koordinasi ke dinas, dan bersama akan duduk bareng juga dengan Iduka membahas itu. Pada prinsipnya, kami ikuti kebijakan dari pusat,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Unit Informasi dan Humas Politeknik Negeri Lampung (Polinela) Teguh Budi Trisnanto mengatakan, saat launching pada Jumat lalu, disebutkan baru beberapa perguruan tinggi vokasi yang dijadikan sebagai percontohan pelaksanaan program tersebut.

“Memang Polinela belum masuk dalam percontohan. Tentu untuk ke depannya tetap harus mengarah, dan akan proses ke sana,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk penerapan program tersebut, tentunya harus ada pernikahan antara SMK, perguruan tinggi vokasi, dan Iduka. Sehingga, Polinela juga tengah mempersiapkan hal itu.

“Kami sedang berproses. Pada prinsipnya kita akan mengarah ke sana,” tandasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi