oleh

Tumbuhkan Budaya Tertib Ukur, Diskoperindag Tubaba Tera Ulang Timbangan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Upaya meningkatkan kualitas pedagang, memberikan rasa aman dan nyaman terhadap pembeli terus dilakukan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Salah satunya melalui kegiatan pemeriksaan dan tera ulang timbangan yang digunakan para pedagang dalam kegiatan transaksi jual-beli di pasar.

Kepala Diskoperindag Tubaba Drs.Khairul Amri mengatakan, kegiatan rutin tahunan tersebut akan menyasar 3 (tiga) pasar kabupaten yang ada di daerah setempat, yakni Pasar Daya Murni-Tumijajar, serta Pasar Mulya Asri & Panaragan Jaya- Tulang Bawang Tengah.”Rencananya selama 3 hari, dan hari ini di Dayamurni terlebih dahulu, baru kemudian akan dilanjutkan Mulya Asri dan Panaragan jaya,”ungkapnya, Senin (16/11).

Dalam kegiatan tera ulang timbangan ini, pihaknya bekerjasama dengan tim Tera Provinsi Lampung dan Kabupaten Tulangbawang.”Mereka yang berkompeten dan ahlinya di bidang ini (tera). Jika ditemukan ada timbangan yang tidak sesuai, maka akan langsung dilakukan perbaikan dan peneguran terhadap pedagang tersebut,”terangnya.

Menurutnya, dengan dilakukan tera ulang timbangan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan budaya tertib ukur (timbangan) pada pedagang sehingga semakin akurat dalam hal mengukur, menakar dan menimbang pada kegiatan jual beli.”Dengan demikian, pembeli juga menjadi lebih tenang dan yakin membeli produk yang dijual oleh pedagang,”ulasnya.

Lebih dari itu, lanjutnya, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendukung upaya penguatan ekonomi masyarakat, serta meningkatkan citra dan daya saing pasar kabupaten, khususnya dari segi akurasi timbangan dalam kegiatan transaksi perdagangan.”Yang jelas, kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi, dan kegiatan ini akan rutin dilakukan agar semakin tertib, terutama dalam hal timbangan,”pungkasnya. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi