oleh

Langganan Banjir, Kelurahan Sukaraja Perbaiki Gorong-gorong

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandarlampung merupakan kelurahan yang berbatasan langsung dengan teluk Bandarlampung, yang menyebabkan daerah ini rutin tergenang saat musim hujan ada air laut pasang (Rob).

Guna mengurangi banjir di Sukaraja tersebut, pihak kelurahan melakukan beberapa upaya, seperti pembuatan gorong-gorong, pelebaran drainase, dan pengerukan aliran air.

Irsan Effendi selaku Lurah Sukaraja menuturkan, Sukaraja terbagi kedalam dua lingkungan dengan 36 RT. Untuk lingkungan satu berda di pesisir pantai dan Lingkungan dua berada di seberang Jalan Yos Sudarso.

“Kalau banjir tidak. Tapi memang saat musim hujan banyak wilayah kita (Sukaraja,Red) yang tergenang. Seperti di Lk 01 itu Banjir Rob, nah kalau di Lk 02 genangan karena siring tidak mampu nampung debit air yang hendak menuju laut,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/11).

Menyikapi hal tersebut, pihaknya terus melakukan pembenahan, salah satunya pada realisasi Dana Kelurahan (Dakel) 2020 ini, Sukaraja membangun lima titik gorong-gorong dan drainase di Lk 02.

“Ya itu gorong-gorong dan drainase yang sudah tidak layak pakai. Jadi di berluas dan per dalam. Kalau gak salah tipe 60,” terangnya.

Selain itu, setiap pelaksanaan Jumat bersih rutin diadakan bersih-bersih gorong-gorong dan drainase. “Kalau siring besarnya itu yang menyusuri Jalan Yos Sudarso. Itu yang rutin membersihkannya dari Dinas PU, belum lama ini baru dibersihkan,” ucapnya. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi