oleh

KPU Pesawaran Simulasi Pemungutan Suara Pada Masa Pandemi

RADARLAMPUNG.CO.ID – KPU Pesawaran menggelar simulasi pemungutan suara di TPS 1, Desa Batumenyan, Telukpandan, Rabu (18/11).

Kegiatan itu untuk memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada pilkada 9 Desember mendatang sesuai SOP protokol kesehatan.

“Simulasi pemungutan dan penghitungan suara ditekankan pada penerapan protokol kesehatan pada hari H, 9 Desember mendatang,” ungkap Ketua KPU Pesawaran Yatin P. Sugino.

Kegiatan dimulai dari saat pemilih akan memasuki TPS dengan memastikan mencuci tangan pakai sabun, pengecekan suhu, dan mengenakan masker ketika akan mendaftar.

“Pada saat mau mendaftar, kita juga simulasikan para pemilih yang datang ke TPS menerapkan physical distancing minimal satu meter pada saat antrean,” jelasnya.

Sebelum menyalurkan hak pilihnya, para pemilih disediakan tempat duduk untuk mengantre. Panitia hanya menyiapkan enam tempat duduk di dalam TPS untuk pemilih yang menunggu giliran mencoblos

“Termasuk mengatur jarak antrean di TPS. Tidak boleh melebihi kapasitas. Setelah mencoblos, panitia akan meneteskan atau menyemprotkan tinta kepada pemilih,” urainya.

Jam memilih pada saat pandemi virus Corona juga disampaikan dalam surat pemberitahuan.. Misal nomor 1-100 dari pukul 08.00-09.00 WIB.

“Termasuk simulasi bagi pemilih yang terdeteksi dengan suhu tubuh tinggi diatas 37,3 derajat agar tidak masuk TPS. Pada hari H nanti, kita meminta bantuan dari tim Gugus Tugas kabupaten,” pungkasnya. (ozi/ais)

 

Komentar

Rekomendasi