oleh

Lestarikan Tradisi, Pemkab Mesuji Gelar Lomba Melebung

Radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Mesuji, kian gencar melestarikan kembali budaya lokal sebagai daya tarik pengembangan potensi pariwisata, di Kabupaten Berjuluk Bumi Ragab Begawe Caram itu, salah satunya mengadakan tradisi lomba melebung.

Bupati Mesuji, Saply TH menjelaskan, Tradisi melebung ini, tidak hanya sekedar menjaga silaturahmi dengan cara menangkap ikan bersama. Namun sudah menjadi kearifan lokal yang kaya manfaat.

Para peserta saat berada di dalam (Lebung) untuk menangkap ikan

“Yang terpenting dari acara ini bukan hanya ikan yang ada di dalam lebung, melainkan adalah kegembiraan dan kemeriahan bersama-sama,” ungkap Saply.

Menurutnya, acara ini tak hanya sebagai jalinan silaturahmi semata, namun tradisi melebung ini kedepan berpotensi menjadi destinasi wisata. “Tapi syaratnya harus pintar dalam mengemasnya,” ucapnya.

Bupati dan sekda saat akan membuka acara.

Saply berharap melebung ini harus dilestarikan kembali. Sebab, budaya ini diawali oleh leluhur dan menjadi kearifan lokal Mesuji yang patut dilestarikan. “Mudah-mudahan budaya kearifan lokal ini bisa bertahan selamanya,” katanya.

Diketahui, Kegiatan lomba melebung ini, diselenggarakan setiap tahun sebagai bagian dari rangkaian acara Festival Sungai Mesuji 2020 dan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-12 Kabupaten Mesuji yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Mesuji, Desa Wiralaga II, Kamis (19/11)

Acara tersebut juga dihadiri para kepala OPD di lingkungan Pemkab Mesuji

Kegiatan perlombaan melebung yang di gelar itu berlangsung meriah. Hal ini terlihat dengan antusiasnya Masyarakat yang hadir. (muk/yud)

Komentar

Rekomendasi