oleh

Merdeka Vokasi Sangat Ditunggu SMK

RADARLAMPUNG.CO.ID – SMK di Lampung menyambut baik gebrakan dari merdeka vokasi yang salah satu programnya yakni SMK-D2 jalur cepat.

Ketua MKKS SMK Lampung Moh. Edy Harjito mengatakan, program ini sudah sangat ditunggu oleh SMK. Sebab, menurutnya, program ini membuat lulusan SMK terjadi lompatan kompetensi yang unggul.

“Terobosan yang sangat bagus, bagaimana anak-anak lulusan SMK dengan kualifikasi D2 akan dihargai,” kata Edy, Rabu (18/11).

Ia menjelaskan, program SMK-D2 jalur cepat merupakan program dari Ditjen Vokasi Kemdikbud, bagaimana lulusan SMK bisa melanjutkan sampai ke jenjang vokasi, yakni SMK selama 3 tahun, lalu dilanjutkan kuliah ke politeknik yang linear selama 1,5 tahun.

Namun, lanjutnya, sebelum ke arah sana, SMK, iduka, dan politeknik harus bertemu, dan berkoordinasi untuk menyusun kurikulum yang sinkron antara SMK, politeknik, dan iduka.

“Sehingga kurikulum yang disusun itu benar-benar dibutuhkan oleh iduka, atau industri,” imbuhnya.

Menurutnya, dengan cara itu, lulusan SMK yang mau mengikuti program itu, akan memiliki kompetensi yang lebih. Karena tak hanya dapat kompetensi dari SMK, juga dari industri.

“Jadi nanti anak-anak itu akan magang setahun di industri,” katanya.

Namun, lanjutnya, saat ini pihaknya akan berkoordunasi dulu dengan politeknik, dan iduka. Baru nanti akan dikoordinasikan dengan SMK.

“Kita akan koordinasikan dulu dengan politeknik yang linear dengan jurusan di SMK. Intinya kita akan duduk bareng dulu membahas itu,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi