oleh

Thermotic Karya Dosen dan Mahasiswa Fikom UM Metro Juarai Penelitian Focusing Covid-19

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Muhammadiyah (UM) Metro peduli penanggulangan Covid-19. Melalui LPPM UM Metro mengajak dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian khusus bidang focus kepada Covid-19. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Mustika, S.Kom.,M.Kom –Dosen Ilmu Komputer sekaligus ketua tim peneliti– untuk memberikan solusi cerdas ilmiah menanggulangi penyebaran covid-19.

Ide tersebut muncul karena penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat di kampus UM Metro, petugas keamanan yang selalu siap sigap melakukan pemeriksaan suhu tubuh, setiap orang yang masuk ke lingkungan kampus UM Metro.

Alat yang digunakan oleh petugas menggunakan thermogun. Dengan menganalisis kelemahan dari Thermogun tersebutlah muncul ide kreatif untuk memberikan inovasi terhadap alat pengukur suhu tubuh yang sedang marak digunakan di masa pandemi ini.

Dalam project penelitiannya, Mustika bekerja bersama tim yaitu Budi Asmanto, M.T.I (dosen Sistem Informasi) dan berkolaborasi dengan dua mahasiswa yaitu Deni Ryan Sanjaya (Prodi ilmu Komputer dan Ulfah Damayanti (Prodi Sistem Informasi).

Kelebihan dari Thermotic yang dibuat dengan menggunakan tahapan analisa kebutuhan, desain, perakitan komponen, pengkodean dan pengujian adalah; alat ukur suhu tubuh manusia yang tidak hanya bisa menampilkan informasi derajat suhu tubuh yang terdeteksi. Melainkan dapat memberikan kategori suhu tersebut secara otomatis dan mampu memberikan alert peringatan dini apabila suhu tubuh tidak dalam keadaan normal.

Sehingga mendukung program dari kebijakan Tim Gugus Covid Kota Metro umumnya dan tim gugus covid UM Metro, yaitu dalam rangka menerapkan kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan yang ada, dan sebagai upaya preventif untuk penyebaran virus Covid-19.

Rektor UM Metro H. Jazim Ahmad, M.Pd. memberikan respon yang sangat baik. Menurutnya kolaborasi antara dosen dan mahasiswa seperti ini yang harus terus dibangun, untuk bersinergi memberikan solusi-solusi terbaik terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat, Thermotic dapat menjadi produk inovasi UM Metro dengan nilai TKT yang cukup tinggi.

Bertepatan dengan acara wisuda UM Metro pada Senin (16/11), berkat Thermotic, Mustika, dinobatkan sebagai Juara 1 untuk kategori dosen dalam penelitian focusing covid-19, dan berkesempatan dipasangkan selempang dosen berprestasi 2020 dari Pairin selaku Walikota Kota Metro.

“Alhamdulillah, tidak menyangka terpilih sebagai pemenang, karena melihat antusius dosen dan mahasiswa UM Metro untuk ikut penelitian ini cukup tinggi, dan saya sangat yakin idenya pasti bagus-bagus,” ujar Mustika.

“Terimakasih LPPM UM Metro, semoga ini akan menjadi pemicu kami untuk terus berkinerja dan berprestasi. Kemenangan ini  kemenangan bersama semua anggota tim, saya sangat bangga dengan mahasiswa saya deni dan ulfa, yang sudah berperan aktif dalam project penelitiannya. Tentunya ucapan terimakasih untuk Bapak Sudarmaji, S.Kom.,MMKom selaku Dekan FIKOM UM Metro, yang sudah memberikan dukungan kepada kami, kita semua berdoa semoga wabah pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” tukasnya. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi