oleh

Unggah Karya Budaya, dan Segera Manfaatkan Bantuan Kemendikbud

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung mendorong para penggiat atau pelaku budaya untuk mengikuti program pemberian layanan pelindungan pelaku budaya yang kehidupan ekonominya terdampak pandemi covid-19. Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar melalui Kabid Kebudayaan Heni Astuti mengatakan, program pemberian layanan pelindungan pelaku budaya ini sudah memasuki tahap II, dan proses verifikasi hingga 25 November mendatang.

Hanya saja, menurutnya pihaknya tidak mendata berapa yang ikut dalam seleksi penerima bantuan tersebut. Sebab, kata dia, para penggiat atau pelaku budaya langsung mendaftarkan diri secara mandiri ke aplikasi yang sudah ditentukan.

“Karena ini program pusat, jadi mereka langsung mendaftarkan diri secara mandiri. Pada tahap I kemarin, sekitar 10 ribu lebih penggiat budaya di Indonesia yang menerima bantuan itu. Kalau untuk Lampung, kita belum ada rekapannya, karena pengumumannya juga secara acak, tidak langsung dikelompokkan,” jelasnya, Kamis (19/11).

Namun, lanjutnya, ia memastikan jika informasi adanya program tersebut bagi pelaku budaya, sudah disebarkan melalui Disdikbud kabupaten/kota di Lampung, dewan kesenian, dan komunitas budaya yang ada di Lampung.

“Saat dapat informasi ini, kami langsung sebarluaskan ke Disdikbud kabupaten kota agar segera diedarkan ke pelaku-pelaku budaya di wilayahnya masing-masing,” ucap Heni.

Kemudian, jika para pelaku budaya ini lulus seleksi oleh pusat, akan menerima bantuan berupa uang sebanyak Rp1 juta yang langsung masuk ke rekening masing-masing individu.

“Jadi, kami belum merekap, berapa yang dapat, berapa yang daftar. Karena memang mereka langsung daftar mandiri. Tapi, sebelum mendaftar ada yang bertanya ke sini, bagaimana mekanisme dan lainnya. Kita tetap pandu jika memang diperlukan. Yang paling penting saat mendaftar itu, unggah juga video atau karya yang sesuai dengan budaya atau seni yang ditekuni,” jelasnya.

Berdasarkan data nasional yang diperoleh, jumlah akun yang telah mengunggah profil sebanyak 15.958, menggunggah dokumen 15.831 orang, dan mengunggah karya sebanyak 15.474 orang. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi