oleh

KPU Lamtim Akan Simulasikan Pemungutan Suara

RADARLAMPUNG.CO.ID-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Timur akan menggelar simulasi pemungutan suara dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Timur Wasiyat Jarwo Asmoro menjelaskan, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Desember 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, Pilbub tahun ini dilaksanakan di masa pandemi corona virus disease (covid -19).

Karenanya,  guna mencegah paparan covid-19, maka pelaksanaan pemungutan suara di masa pandemi covid-19 akan menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Antara lain, jumlah pemilih di setiap tempat pemungutan suara (TPS) maksimal 500. Kemudian, penyelenggara dan pemilih harus mengenakan masker.

Dilanjutkan, agar pelaksanaan pemungutan suara sesuai dengan protokol kesehatan. Maka, KPU Lamtim akan menggelar simulasi tentang penerapan prokes saat pemungutan suara.

Lebih lanjut dijelaskan, rencana awal simulasi pelaksanaan pemungutan suara dengan mengacu pada prokes akan dilaksanakan di Lapangan Kecamatan Pekalongan pada 4 November 2020 lalu.  Namun, jadwal tersebut dirubah pada 21 November 2020. “Sesuai petunjuk KPU RI,  simulasi pelaksanaan pemungutan suara  digelar serentak pada tanggal tersebut,”jelas Wasiyat Jarwo.

Ditambahkan, simulasi yang rencanaya dihadiri jajaran Forkopimda tersebut juga merupakan salah satu upaya dalam mensosialisasikan tahapan pemungutan suara kepada masyarakat. “Melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat memahami tatacara pemungutan suara di masa pandemi covid-19. Sehingga, Pilbub Lamtim akan berjalan aman, damai, sehat dan selamat,”pungkas Wasiyat Jarwo. (wid).

Komentar

Rekomendasi