oleh

Lebih Dari 37,3 Derajat, Pemilih Masuk Bilik Khusus

RADARLAMPUNG.CO.ID- KPU Kota Bandarlampung melakukan persiapan simulasi pemungutan suara, Sabtu (21/11). Terlihat beberapa petugas sedang mempersiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kantor KPU setempat siang ini.

Pantauan Radar Lampung, sudah berdiri aebuah tenda berukuran sekitar 8×10 meter dengan persiapan bilik suara. Dan berbagai dekorasi. Namun, ada satu bilik khusus yang dibuat lebih besar, ketimbang bilik lainnya.

Komisioner KPU Kota Bandarlampung, Hamami mengatakan, bilik suara yang lebuh besar tersebut diperuntuklan bagi pemilih yang memiliki hasil dari pemeriksaan suhu badannya, diatas 37,5 derajat.

“Tentunya proses pemungutan suara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Makanya kesiapan-kesiapan harus disediakan. Salahsatunya fasilitas bilik suara ini. Ketika diukur suhunya lebih dari 37,5 derajat, akak diarahkan petugas khusus ke sana,” kata dia.

Hamami mengatakan, nantinya, simulasi sudah dilakukan serupa dengan pemungutan suara aslinya. Mulai dari calon pemilih datang, hingga selesai mencoblos, kemudian dilakukan penetesan tinta sebagai tanda sudah menyalurkan hak suaranya.

“Kita minta pemilih tertib meski sudah dibagi sesinya. Seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan menggunakan sarung tangan plastik dan membawa alat tulis sendiri,” kata dia.

Dia juga mengatakan, nantinya Pemilih hadir di TPS sesuai dengan jadwal yang tertera pada Surat C-Pemberitahuan yang diterimanya. Jadwal pemungutan suara secara umum adalah dimulai pukul 07.00 – 13.00 waktu setempat. Di salah satu kolom Surat C-Pemberitahuan, akan tertera pukul berapa pemilih diminta datang ke TPS. Peraturan ini diterapkan agar tidak terjadi kerumunan pemilih di TPS, sehingga jaga jarak antar pemilih bisa diterapkan.

“Jadi kita harap masyarakat juga memperhatikan jamnya sesuai jadwal. Sehingga tidak terjadi kerumunan juga,” imbuhnya. (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi