oleh

Soal Diperbolehkan Sekolah Tatap Muka, Begini Kata Kadisdikbud Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pasca Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebutkan pada 2021 sekolah tatap muka diperbolehkan. Begini kata Kadisdikbud Lampung Sulpakar.

“Untuk pembukaan ajaran baru berdasarkan rapat virtual tadi, saya yang diwakili oleh sekretaris saya terlapor jika memungkinkan pada hari Senin, sudah ada surat edaran Gubernur menindaklanjuti SKB (suratkeputusan bersama) 4 menteri,” beber Sulpakar melalui ponselnya.

Dia melanjutkan ada beberapa poin utama yang dibahas, mulai zonasi tidak lagi di Kabupaten/Kota secara umum, melainkan perkecamatan/kelurahan/desa. Kemudian memperketat daftar Periksa sekolah dan Gubernur berwenang melakukan pengawasan pada Kab/Kota.

“Jadi nanti kebijakan tatap muka itu berdasarkan zona di kecamatan jadi bukan per daerah. Sambil menunggu keputusan 4 Menteri. Oleh karenanya daerah menyambut baik ini karena sesungguhnya memang secara umum orang tua siswa sudah menginginkan proses belajar tatap muka. Karena disampingnya kemampuan Intelektual anak-anak yang harus dipenuhi, juga mereka harus mempunyai kemampuan atau kecerdasan emosional, spiritual, yang tergabung dalam pembentukan karakter mereka. Jadi sangat diperlukan bagaimana anak-anak melihat sosok guru, teman-teman yang berprestasi sebagai contoh untuk mereka membentuk diri mereka. Sangat-sangat di tunggu,” jelas Sulpakar lebih lanjut.

Rencananya, untuk pembukaan sekolah tatap muka ini disebutkan Sulpakar akan diutamakan untuk daerah berzona kuning dan hijau Covid-19. Pembukaannya juga dilakukan sesuai kewenangan di jenjang pendidikan.

“Secara pasti kewenangan provinsi Lampung untuk SMA SMK kabupaten kota mempunyai kewenangan dari paud, tk, sd, smp, jadi diserahkan kepada daerah masing-masing yang berkewenangan,” tambahnya.

Kemudian, untuk simulasi juha rencananya akan dilakukan usai keluarnya SKB 4 Menteri. Dan rencananya simulasi akan dilakukan di tingkat kabupaten/kota dan bahkan nanti di tingkat satuan pendidikan. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi