oleh

KPU Lamtim Simulasikan Prokes Pemungutan Suara

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Timur (Lamtim) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan serta penggunaan sistem rekapitulasi (Sirekap) di masa pandemi virus Corona, Sabtu (21/11).

Kegiatan yang berlangsung di lapangan Kecamatan Pekalongan itu dihadiri Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan, Forkopimda, panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan kelompok panitia pemungutan suara (KPPS).

Ketua KPU Lamtim Wasiat Jarwo Asmoro menjelaskan, simulasi tahapan pemungutan suara di TPS itu untuk memberikan pemahaman kepada KPPS tentang tata cara pemungutan suara dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Menurut dia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada pemilihan di masa pandemi virus Corona. Antara lain, pemilih wajib menggunakan masker, cuci tangan dan saling menjaga jarak.

“KPPS juga harus menyiapkan bilik khusus bagi pemilih yang suhunya di atas 37 derajat,” kata Wasiat.

Dilanjutkan, bagi pemilih dengan suhu di atas 37 derajat, panitia sudah menyiapkan bilik khusus. “Pemilih tersebut tidak akan dipisah dengan pemilih lain,” jelasnya.

Dalam kesempatan sama, Kapolres Lampung Timur AKBP Wawan Setiawan mengajak semua penyelenggara dan masyarakat bersama-sama menyukseskan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Kapolres berharap melalui simulasi yang dilakukan oleh KPU ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang tata cara memilih di masa pandemi virus Corona.

“Mari patuhi protokol kesehatan agar pilkada berjalan aman, sehat dan selamat,” pesan Kapolres. (wid/ais)

 

Komentar

Rekomendasi