oleh

Sekolah Kopi Lambar Diresmikan Desember 2020

RADARLAMPUNG.CO.ID- Pemkab Lambar akan meresmikan sekolah kopi yang telah dibangun di Pekon Sukajaya Kecamatan Sumberjaya pada Desember mendatang.

Peresmian tersebut rencananya akan dihadiri Bupati Hi. Parosil Mabsus, Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi Lampung, mitra eksportir serta undangan lainnya. “Rencananya Desember mendatang, sekolah kopi akan diresmikan dan mulai tahun 2021 sudah mulai beroperasi. Untuk tahap pertama, kita buka dua kelas yaitu kelas cupping dan kelas grading, masing masing 25 orang peserta,” ungkap Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Minggu (22/11).

Agus menjelaskan, manfaat pembangunan sekolah kopi, selain sebagai upaya peningkatan pengetahuan petani kopi, juga sebagai upaya untuk menggerakan pariwisata perkebunan kopi, serta pusat informasi kopi robusta Lambar.

Keberadaan sekolah kopi bukan hanya semata-mata hanya sebagai tempat pelatihan petani dan masyarakat saja. Tetapi juga sebagai etalase kopi robusta di Kabupaten Lambar. Terlebih Kabupaten Lambar merupakan daerah penghasil kopi robusta terbesar di Provinsi Lampung.

Saat ini, lanjut Agus, untuk mendukung sekolah kopi tersebut pihaknya sedang melakukan pembangunan kedai kopi dan membuat nomenklatur yang bersumber dari dana insentif daerah (DID) tamabahan periode kedua tahun 2020. Sedangkan untuk pembangunan guest house, cottange serta gazebo bersumber dari APBD Perubahan 2020. “Saat ini prosesnya sedang tahap pengerjaan dan diharapkan sebelum pertengahan Desember telah selesai dikerjakan sehingga bisa dimanfaatkan,tandasnya. (lus/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi