oleh

Banyak Pemilih Pemula Lamtim Tak Punya KTP Elektronik

RADARLAMPUNG.C.ID-Jelang pemilihan bupati dan wakil bupati Lampung Timur 9 Desember 2020 mendatang ada ribuan warga yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik.

Ketua KPU Lamtim Wasiyat Jarwo Asmoro menjelaskan, warga Kabupaten Lampung Timur yang masuk daftar pemilih tetap untuk pemilihan bupati dan wakil bupati sebanyak 770.477. Dari jumlah tersebut, berdasarkan pendataan KPU, warga yang belum melakukan perekaman KTP el  sebanyak 33 ribu lebih. “Mereka adalah pemilih pemula yang belum memiliki KTP el,”jelas Wasiyat Jarwo.

Dilanjutkan, KPU Lamtim telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar mempercepat proses perekaman KTP el bagi pemilih pemula. Koordinasi itu disampaikan melalui surat nomor 446/PL.02.1-SD/1807/KPU-Kab/XI/2020 tertanggal 3 November 2020.

Dilanjutkan melalui surat itu diharapkan para pemilih pemula dapat menyalurkan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 mendatang.

“KPU juga telah menginstruksikan kepada KPPS agar mendatangi pemilih yang belum memiliki KTP El untuk melakukan perekaman,”terang Wasiyat Jarwo.

Terpisah Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lamtim Amriadi melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendataan Kependudukan Indra Gandi menjelaskan,  bagi pemilih pemula yang akan melakukan perekaman KTP el dapat langsung ke Kantor Kecamatan.

Dilanjutkan, Disdukcapil telah mengirimkan surat kepada seluruh camat agar mempercepat perekaman KTP El bagi pemilih pemula. Itu disampaikan melalui surat bernomor 477.13/611/12-SK/2020 tertanggal 9 November 2020.

Ditambahkan, saat proses perekaman KTP El bagi pemilih pemula di kecamatan masih terus berlangsung. “Target kami, sebelum 9 Desember seluruh pemilih pemula telah memiliki KTP El,”jelas Indra Gandhi. (wid/wdi)

Komentar

Rekomendasi