oleh

Guru Harus Kompak Ciptakan Generasi Cerdas dan Berbudi Baik

RADARLAMPUNG.CO.ID – Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. meminta seluruh guru di Bandarlampung menjaga kekompakan dan harus bekerja sama. Hal itu dilontarkan Herman H.N. saat menghadiri bakti sosial PGRI Peduli di SMP Negeri 23 Bandarlampung dalam rangka Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 75.

“Guru harus bekerja sama, bagaimana anak-anak kita lebih meningkat lagi pendidikannya, termasuk iman dan takwanya lebih baik lagi. Guru harus jaga kekompakan, terus eksis mencerdaskan anak-anak bangsa, dan budi pekertinya baik ,” kata Herman H.N., Selasa (24/11).

Menurutnya, saat ini pendidikan untuk Bandarlampung sudah cukup baik. Ditambah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung juga membantu perbaikan sarana dan prasarana guru maupun sekolah seperti gedung kelas.

“Seragam kita kasih, insentif guru honor juga kita berikan. Sertifikasi pun lancar. Kedepannya, insentif guru honor akan naik menjadi Rp3.600.000, setiap tahun akan naik,” imbuhnya.

Ia menuturkan, terkait seleksi guru jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), pihaknya akan mengajukan 3 ribu guru.

“Pengajuannya kita lihat dulu kriterianya. Kita ajukan 3 ribu guru, minimal separuh dulu tahun depan bisa lagi diajukan, harus diangkat semua. Saya ingin guru honor harus mndpatkan gaji pegawai dari pusat dan daerah membantu juga,” ujarnya.

Sementara, Ketua PGRI Bandarlampung Yuni Herwanto menuturkan, di momen HGN dan HUT PGRI ini, pihaknya berharap guru harus berinovasi, kreatif dalam pembelajaran, dan mempunyai dedikasi yang tinggi. Pihaknya juga berterima kasih dengan pengurus besar PGRI yang telah berupaya untuk mengantisipasi kekurangan guru dengan usulan pengangkatan guru honor melalui seleksi jalur P3K.

“Karena memang sangat kekurangan. Tahun 2024 nanti juga, akan banyak guru yang pensiun karena tahun 2.024 guru inpres yang diangkat tahun 1.986 akan pensiun. Jadi memang dengan adanya terobosan itu akan sangat membantu dan mengantisipasi kekurangan guru,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Dalam bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke 75, PGRI Kota Bandarlampung memberikan bantuan bahan pokok makanan untuk 40 panti asuhan, petugas kebersihan, anak yatim piatu, dan kaum duafa di Bandarlampung. Sebagai rangkaian dari kegiatan peringatan HGN dan HUT PGRI.


Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. menandatangani beras sembako sebagai tanda bakti sosial PGRI peduli. FOTO RURI/RADARLAMPUNG.CO.ID

Pemberian bantuan yang dikemas melalui program ‘Bakti Sosial PGRI Peduli’ tersebut secara simbolis diserahkan dan dilepas oleh Wali Kota Bandarlampung Herman HN di SMPN 23 Bandarlampung.

Selanjutnya, pada 25 November, akan diadakan upacara peringatan yang dihadiri oleh pengurus PGRI kota, ketua PC, MKKS, K3S, dan undangan lainnya yang dipusatkan di SMPN 1 Kota Bandarlampung. Dan rangkaian kegiatan terakhir, bekerja sama dengan dewan pendidikan dan KPU Bandarlampung untuk sosialisasi pemilih pemula dengan targetnya mahasiswa dan siswa kelas XII SMA di Universitas Muhammadiyah Lampung. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi