oleh

KPU Bandarlampung Target Empat Hari Pelipatan Surat Suara Rampung

RADARLAMPUNG.CO.ID- KPU Kota Bandarlampung mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara kebutuhan pilwakot Bandarlampung. Pelipatan dan penyortiran dilakukan sebanyak 60 orang petugas, di gudang KPU, Jl Raden Saleh Raya, Kedaton, Bandarlampung, Selasa (24/11).

Diketahui, surat suara tiba di Bandarlampung Minggu (22/1). Dimana, jumlahnya 666.282 lembar sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditambah 2,5 persen cadangan, serta 2000 lembar untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Ketua KPU Kota Bandar Lampung Dedy Triyadi menjelaskan, pengerjaan penyortiran dan pelipatan dilakukan sekitar empat hari. Artinya, jika pengerjaan dimulai hari ini, maka perkiraan penyelesaiannya pada Jumat (27/11).

“Pengerjaan sekitar empat hari. Setelah selesai, kemudian dimasukkan ke 1700 kotak suara, sesuai jumlah TPS di 126 Kelurahan. Pendistribusiannya ke TPS, akan dilakikan tujuh hari sebelum pemungutan suara dilakukan,” kata Dedy.

Dihari pertama belum diketahui pasti surat suara yang rusak. Namun, setelah pencetakan di PT Temprina Media Grafika di Gresik, Jawa Timur, (Sebelum dikirim ke Bandarlampung) terdapat 4.116 surat susu yang rusak dan sudah dimusnahkan.

“Kalau sekarang masih dilihat dan disortir oleh petugas. Jika ada yang ditemukan cacat ya dipisahkan untuk kemudian dimusnahkan juga,”jelasnya.

Dirinya menambahkan, dalam pelipatan surat suara tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo gun, menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk ke gudang pelipatan, dan penyemprotan disinfektan. (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi