oleh

Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, FKIP Unila Buka Kerja Sama dengan Kampus Lain

RADARLAMPUNG.CO.ID – Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dalam penerapan di perguruan tinggi adalah dengan pengembangan soft skill mahasiswa di tempat lain (luar kampus) untuk mengimplementasikan ilmu yang didapatkannya. Sehingga, FKIP Universitas Lampung (Unila) menerima perjanjian kerja sama dengan FKIP Universitas Muhammadiyah (UM) Kotabumi untuk menerapkan program MBKM itu.

Dekan FKIP Unila Patuan Raja mengungkapkan, kerja sama tersebut sangat baik dan perlu terus dipertahankan karena akan sama-sama memberikan hal yang positif untuk perkembangan kedua perguruan tinggi ini.

“Targetnya bisa terlaksananya kegiatan dari Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka antara 2 fakultas dari 2 perguruan tinggi. Serta mewujudkan program MBKM yang berkualitas,” kata dekan, Selasa (24/11).

Selain itu juga, dari kerja sama untuk penerapan program MBKM itu, untuk menghasilkan pengalaman baik pada program studi yang terlibat kerja sama dalam menyusun dan mengimplementasikan kurikulum program MBKM yang memiliki capaian pembelajaran lulusan sesuai dengan kerangka kualifikasi nasional Indonesia, dan SN-Dikti.

Diungkapkan Patuan Raja, pengimplementasian program MBKM tersebut meliputi tiga program studi, yakni Prodi (S1) pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi (S1) Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi (S1) Pendidikan Matematika.

“Lalu bentuk kerja samanya itu meliputi magang atau praktik kerja, pertukaran mahasiswa, dan asistensi mengajar di sekolah yang dilaksanakan bersama antara FKIP UM Kotabumi dan FKIP Unila, khusus untuk ketiga program studi tersebut,” terangnya.

Dekan FKIP UM Kotabumi Badawi mengatakan, kampus FKIP UM Kotabumi sebagai perguruan tinggi yang baru berjalan 2 tahun, mencoba untuk melakukan Kerjasama dengan FKIP Unila perihal Program MBKM, seperti pertukaran mahasiswa dan asistensi mengajar di sekolah.

“Berkaitan dengan Program MBKM, FKIP UM Kotabumi sebagai perguruan tinggi baru menyadari perlu belajar kepada Perguruan tinggi lainnya dalam penerapannya salah satunya FKIP Universitas Lampung,” ucapnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi