oleh

Kabar Baik, Lampung Bakalan Dapat PCR Tambahan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Kadis Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menyebut Lampung bakal kembali mendapatkan alat tes swab Covid-19 Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kita mau dapat tambahan mobil PCR dari BNPB, yang nantinya akan ditempatkan di Labkesda Provinsi Lampung,” jelas Reihana.

Selanjutnya, sampai saat ini juga ada tiga alat PCR yang sedang diminta kan izin ini dan password untuk bisa masuk dalam pendataan New All Records (NAR) untuk data proses ke Litbangkes. Ketiganya akan digunakan untuk tes swab mandiri.

Ketiganya berasal dari hasil KSO (kerja sama operasional) dengan perusahaan dan akan ditempatkan di rumah sakit DKT Kota Bandarlampung. Kemudian Mobile PCR yang dibeli Pemkab Tanggamus dan PCR milik laboratorium Intibios.

“Itu karena banyak permintaan tes swab mandiri, maka itu ada dan sedang di proses. Kami sedang minta izin dan minta password nya untuk bisa masuk di NAR,” tambahnya.

Sementara saat ini lokasi PCR di Lampung berada di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM), Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM), Labkesda Provinsi Lampung dan milik Balai Veteriner Provinsi Lampung.

“Untuk yang di RSUDAM memang saat ini digunakan hanya untuk internal, jadi hanya untuk memantau kondisi pasien yang dirujuk di sana. Kan RSUDAM menjadi rujukan utama di Lampung,” terangnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi