oleh

Serapan Dana Covid-19 Lampung 70 Persen, Insentif Tenaga Kesehatan Kembali Cair

RADARLAMPUNG.CO.ID-Serapan dana Covid-19 Provinsi Lampung hingga saat ini telah mencapai Rp127 miliar dari total dana yang disediakan di ABPD-P 2020 sebesar Rp180 miliar atau mencapai 70%. “Dari total anggaran pada APBD-P ini sekitar Rp180 miliar, sampai saat ini yang sudah terserap Rp127 miliar,” ujar Minhairin, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Lampung.

Sementara Kadis Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan saat ini Pemprov Lampung mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) tambahan tahun anggaran 2020 sebesar Rp9 miliar lebih termasuk mendapatkan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Rp3 miliar lebih yang akan digunakan untuk membayarkan insentif tenaga kesehatan yang saat ini bekerja menangani pasien Covid-19.

“(Dana DID) Untuk kesehatan sekitar Rp9 koma sekian miliar, ada juga dana BOK sisa untuk bayar intensif tenaga kesehatan. Karena kemarin baru 60% jadi ini mungkin sisanya 40% keluar akan kita bayarkan. Dananya akan digunakan untuk intensif Rp3 koma sekian miliar untuk rumah sakit yang ditangani Pemprov Lampung,” jela Reihana.

Insentif tersebut dimaksudkan Reihana akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH), RSUDAM dan tenaga surveilans. Sementara untuk rumah sakit rujukan lainnya, akan langsung di transfer ke rumah sakitnya. Pemprov Lampung diakui Reihana hanya menghandle rumah sakit tersebut. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi