oleh

Soal Limbah di Way Sekampung, Walhi Masih Tunggu Hasil DLH

RADARLAMPUNG.CO.ID-Soal limbah hitam yang sempat mendatangi Sungai Way Sekampung, Lampung dan sempat membuat banyak ikan mati. Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Lampung masih menunggu langkah tegas Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung.

Hal ini disampaikan Edi Santoso Bagian Advokasi dan Kampanye, Walhi Lampung mengatakan saat masih menunggu laporan DLH Lampung. Mengenai perusahaan dibalik munculnya limbah tersebut.

“Dari DLH menurutnya masih belum ada bukti kuat terkait perusahaan mana yang jadi pelaku. Limbahnya sendiri positif nya limbah industri perusahaan ya, kalau rumah tanggakan nggak mungkin,” jelas Edi, melalui ponselnya Rabu.

Kondisi saat ini memang diakui Edi sudah tidak ada, karena kondisi air di Way Sekampung masuk dalam arus cepat. Walhi sendiri telah turun untuk mengambil sampel air salah satu perusahaan yang diduga kuat mencemari salah satu sungai terbesar di Lampung itu.

“Sebenarnya memang disana arus cepat, kemarin turun itu di desa Peniangan, Marga Sekampung, uda jauh titik perusahaan dari situ. Kita memang agak kesulitan mencari bukti itu. Memang benar sudah mengerucut ke satu perusahaan itu, tapi bekas limbah sudah nggak kelihatan,” tambahnya.

Diakui Edi, munculnya limbah di Way Sekampung sudah sering terjad. Namun untuk limbah air hitam jarang.

“Dari informasi wagra, setahun ini baru dua kali ini. Tahun lalu juga katanya pernah, nah kejadian lagi. Cuma air berlendir dan putih susu sering. Itu ketahuan kalau masyarakat lagi mancing dan masang jaring nah ketahuan disitu,” tambahnya.

Saat ini Walhi masih terus nunggu bukti dan koordinasi dnegan masyarakat, jika ada limbah. Jika ada pembuangan limbah harus cepat difoto. Agar dapat dilaporkan segera. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi