oleh

Dispar Klaim Pokdarwis di Bandarlampung Terbanyak se-Indonesia

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Bandarlampung membentuk 126 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), di Aula Gedung Semergou Kantor Pemkot Bandarlampung, Kamis (26/11).

Kepala Dinas Pariwisata M. Yudhi menjelaskan, Pokdarwis dibentuk untuk membangkitkan dunia pariwisata mulai dari tingkat terendah, yakni tingkat kelurahan dan desa.

“Pembentukannya, atas inisiatif kita dan disambut baik Bapak Walikota Herman HN. Sepertinya, se-Indonesia, Kota Bandarlampung terbanyak yang memiliki Pokdarwisnya,” katanya usai pengukuhan.

Yudhi menyebutkan, pembentukan Pokdarwis sebagai bukti bahwa, pemuda di Kota Bandarlampung peduli dalam kemajuan pariwisata. Pokdarwis dibentuk bertujuan untuk berkoordinasi dengan pejabat setingkat kelurahan dalam menumbuhkan ide ditingkat kelurahan.

Pembentukan Pokdarwis, juga disesuaikan dengan jumlah kelurahan, yakni 126 kelurahan di Bandarlampung. Setiap Pokdarwis, terdiri dari 10 orang, sehingga totalnya ada 1.260 orang. “Mereka itu merupakan pionir-pionir penggerak di setiap kecamatan. Harapannya, Pokdarwis ini bisa mengembangkan sektor wisata di setiap kelurahan,” ucapnya.

Sementara, Herman HN mengatakan, pembentukan Pokdarwis sejalan dengan program pemerintah pusat untuk menggeliatkan kembali sektor pariwisata dari tingkat terendah.

“Pariwisata bukan hanya mengacu pada objek wisata rekreasi saja, tetapi juga potensi lain seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pemasaran nantinya akan dibantu Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi, dan Bidang Perekonomian,” pungkasnya. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi