oleh

Temuan Jenis Kerusakan Surat Suara Pilwakot : Warna Pudar, Tembus Pandang Hingga Ada Bercak

RADARLAMPUNG.CO.ID- KPU Kota Bandarlampung masih melakukan proses pelipatan dan penyortiran surat suara yang dilakukan di gudang KPU setempat. Kepala Gudang Logistik KPU Kota Bandarlampung, Saiful mengatakan, pelipatan memasuki hari ketiga pada Kamis (26/11). Di mana, rekapan baru dilakukan setelah selesai jam pelipatan. Namun, berdasarkan rekapan di hari kedua, para petugas sudah merampungkan 256 ribu lembar pelipatan dari total 666.828 lembar surat suara.”Untuk hari ketiga belum. Data dihari kedua ya sudah 250 ribu lembar,” jelasnya.

Dari 250 ribu lembar surat suara yang sudah dilipat dan disortir itu, sambung dia, ada 377 susu yang rusak. Rinciannya, di hari pertama sebanyak 177 lembar dan dihari kedua sebanyak 200 lembar susu rusak. Kerusakan tersebut disebabkan berbagai hal. Diantaranya, surat suara yang memiliki bercak tinta, kondisi rusak karena terlipat, juga ada yang warnanya pudar serta ada gambar yang transparan. “Biasanya untuk pemusnahan itu h-1 pemungutan suara, dengan melibatkan bawaslu dan kepolisian setempat,” jelasnya.

Sementara, Anggota Bawaslu Kota Bandarlampung Yusni Ilham mengatakan, pihaknya saat ini melakukan pengawasan secara melekat terkait proses pelipatan dan penyortiran surat suara dengan mendelegasikan tim yang terdiri dari lima orang.”Sampai saat ini hasil pengawasan kami cukup banyak surat suara yang rusak kurang lebih 377 surat suara yang rusak. Ini sudah kita sampaikan kepada KPU, agar surat suara yang rusak segera ditindaklanjuti,” ujarnya. (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi