oleh

Hidupkan Sunnah Nabi, Ratusan Pemanah Ikuti Radar Fun Archery

RADARLAMPUNG.CO.ID – Radar Fun Archery bertajuk latihan bersama resmi digelar di lapangan Radar Lampung, Minggu (29/11) pagi. Seratus peserta dari berbagai klub panahan di Lampung ambil bagian.

Pantauan wartawan media ini, Radar Fun Archery juga diramaikan dengan stan UMKM, seperti penjualan alat-alat olahraga panahan dan aneka makanan. Ketua pelaksana Radar Fun Archery Aziz Triharto ditemui di lokasi, menjelaskan, even tersebut merupakan ajang latihan bagi para pemanah di Lampung.

Sebab kata Aziz, nantinya Radar Archery Fun dibuka untuk umum. “Jadi Radar Fun Archery ini kita sifatnya latihan bersama. Karena ke depan, akan ada seri berikutnya dan memungkinkan untuk ditingkatkan ke lebih tinggi ke tingkat Sumatera bahkan nasional,” ungkapnya.

Untuk seratus peserta tersebut kata Aziz, datang dari klub panahan di Bandarlampung dan beberapa pemanah dari klub yang diundang dari luar Bandarlampung. “Karena pandemi, pesertanya kita batasi 100 saja. Mereka kitab bagi ke dalam dua sesi. Satu sesi kita bagi 50 peserta,” ujarnya.

Untuk jenis panahan yang dilombakan yakni horsebow archery atau panahan tradisional. Para pemanah akan mengikuti babak kualifikasi, di sini para pemanah diberi sembilan anak panah. Mereka kemudian menembak dari jarak 20 meter dan 30 meter. Setiap anak panah yang mengenai target kemudian dijumlahkan.

“Kan di target itu poinnya mulai dari satu hingga jika dia tepat di tengah, poinnya lima. Nah enam anak panah tadi tinggal dijumlahkan saja berapa poin yang dia kena,” jelas Aziz.

Peserta dengan nilai terkecil akan otomatis gugur. Sedangkan yang lolos akan melaju ke babak perempat final akan diadu skillnya dengan jarak bidikan 40 meter. Peserta yang ke final, akan membidik dengan jarak 50 meter. “Pemenangnya akan mendapatkan hadiah uang pembinaan, kemudian busur panah dan tropi,” jelasnya.

Terpisah, Sulaiman (41) anggota Al Kautsar Archery menjelaskan jika ia mengapresiasi Radar Fun Archery. Sebab katanya, kegiatan itu sangat positif. “Alhamdulillah dengan Radar Fun Archery ini, silaturahmi kita bertambah dan kita menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Selain menghidupkan sunnah nabi, tentunya kata Sulaiman menyehatkan. “Apalagi di tengah pandemi seperti ini, tentu olahraga panahan ini menyehatkan karena kita mengolah gerak anggota badan dan ketangkasan,” sambung warga Labuhanratu, Bandarlampung ini. (nca/sur)

Komentar

Rekomendasi