oleh

Mau Belajar Budidaya Lebah, Datang ke Tubaba

RADARLAMPUNG.CO.ID-Wahana wisata edukasi di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) kini bertambah. Selain Taman Kura-Kura yang telah dibangun sebelumnya, kini di Kawasan Agrowisata Tubaba-Pulung Kencana di Komplek SMKN 1 Tulang Bawang Tengah semakin lengkap dengan adanya Pusat Budidaya Lebah Klanceng.

“Alhamdulillah pembangunan fasilitas penunjangnya sudah selesai. Bahkan, bibit lebahnya juga sudah ada. Artinya, budidayanya sudah siap,”ungkap drh. Nazaruddin, MM, Kepala Dinas Peternakan Tubaba didampingi Kabid Perbibitan dan Produksi Ternak, Supardiono, SP, MM, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (1/12/2020).

Menurutnya, lokasi Taman Agrowisata sangat mendukung untuk dijadikan tempat budidaya Lebah Klanceng. Sebab, lanjutnya, vegetasi alam pendukung budidaya yang bisa menjadi sumber pakan bagi Lebah Klanceng sudah tersedia di lokasi tersebut, seperti tanaman Jambu, Kelengkeng, Belimbing dan tanaman lainnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah menanam tumbuhan lainnya sebagai sumber pakan bagi Lebah Klanceng, seperti Bunga Air Mata Pengantin yang berbunga sepanjang waktu sehingga pakan bagi lebah akan selalu tersedia.”Bibit yang kita budidayakan juga adalah jenis Itama, yang memang identik dengan jenis Lebah Klanceng yang ada di Sumatera, jadi kami optimis cocok untuk dibudidayakan di Tubaba,”ulasnya.

Pihaknya berharap, pusat budidaya Lebah Klanceng akan menjadi wahana edukasi baru bagi masyarakat atau pengunjung, terutama mereka yang tertarik untuk membudidayakannya secara mandiri.

“Artinya pemerintah daerah sengaja menghadirkan budidaya tersebut dengan harapan dapat memberikan edukasi bagi masyarakat. Sebab kita ketahui bersama bahwa dengan menghasilkan madu murni, budidaya lebah ini sangat menjanjikan,”pungkasnya. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi