oleh

Programkan Restocking, DKP Lampung Bakal Tebar 1 Juta Benih Ikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Tahun depan sejumlah sungai di Lampung bakal dilakukan restocking ikan air tawar. Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Lampung Febrizal Levi Sukmana mengatakan restoking ikan air tawar tersebut mencapai 1 juta benih ikan.

“Tahun depan kita melakukan kegiatan restocking yang ada di sungai besar seperti Mesuji, Way Sekampung, di Tulangbawang, Way Kanan dan Way Kiri. Rencananya sekitar 1 juta bibit,” jelas Levi.

Berbagai jenis ikan air tawar yang akan di tebarkan di sungai tersebut diantaranya Ikan Jelabat, Ikan Nila, Ikan Gabus, hinhga Ikan baung. “Restoking ini merupakan bagian wujud kepedulian juga kepada masyarakat sekitar, karena kita mendapatkan informasi bahwa jumlah ikan dibeberapa sungai sudah sangat sedikit,” terangnya.

Sebagai upaya pengawasan, Levi -sapaan akrab Febrizal Levi Sukmana- menyebut akan membentuk Pokmaswas (Kelompok Masyarakat pengawas). Yang nantinya akan ditempatkan dibeberapa titik.

“Nanti akan ada pokmaswas kelompok masyarakat pengawasan yang akan mengawasi re stoking itu. Pokmas kita libatkan masyarakat sekitar supaya mengawasi tebar benih, ada nya oknum yang melakukan strum,” tambahnya.

Masyarakat sekitar juga akan dibina dan dijadikan kelompok perikanan agar dapat mendapatkan produksi maksimal. Dengan itu juga bisa menjaga kebutuhan ikan air tawar di sungai-sungai yang ada di Lampung. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi