oleh

Kabar Baik, Dua Pekon di Tanggamus Segera Teraliri Listrik

RADARLAMPUNG.CO.ID – Jaringan listrik segera masuk ke Pekon Artalebar, Kecamatan Bandarnegeri Semuong (BNS) dan Dusun Sinarlebak, Pekon Teratas, Kecamatan Kotaagung.

Saat ini, usulan jaringan listrik desa (Lisdes) tengah diproses oleh PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tanggamus Mujiono mengatakan, pihaknya sudah turun untuk mensurvei dua pekon tersebut. Hasilnya, memang sangat layak untuk masuk jaringan listrik.

“Misalnya Artalebar. Itu masyarakatnya terdiri dari 500-an kepala keluarga (KK) sudah sangat menginginkan listrik PLN. Selama ini di sana menggunakan turbin dari kincir air sehingga listrik yang dihasilkan kurang optimal,” kata Mujiono mewakili Kepala Disnakertrans Aswien Dasmi.

Untuk Pekon Artalebar memang sudah lama pengajuannya dari pemkab. Namun dalam prosesnya terkendala. Di mana, ada wilayah pekon yang bersinggungan dengan kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

“Artalebar itu pemukimannya berada di luar kawasan TNBBS. Namun untuk menuju ke sana melewati kawasan. Ini yang sedang dicarikan solusinya agar tiang PLN bisa masuk. Kami juga akan meminta peta dari TNBBS untuk melihat mana kawasan hutan, mana yang bukan, sehingga tiang listrik bisa masuk,” papar Mujiono.

Lalu untuk Dusun Sinarlebak, sejauh ini progresnya sangat bagus. Bahkan sudah ada kesepakatan antara warga dengan PLN.

“Syarat dari PLN yang disanggupi warga Sinarlebak di antaranya siap menjaga keamanan saat tiang listrik dan peralatan masuk serta tidak meminta ganti rugi tanam tumbuh. Kami berharap dalam waktu tidak lama lagi kedua pekon itu bisa teraliri jaringan listrik,” pungkas Mujiono.

Sementara Supervisor Teknik Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Kotaagung Okta menyatakan, untuk pemasangan tiang listrik di Dusun Sinarlebak sudah dilakukan. Tinggal menunggu kabar lanjutan dari tim Lisdes UID PLN Lampung.

Kemudian untuk Pekon Artalebar masih menunggu kajian karena bersinggungan dengan TNBBS.

“Untuk Sinarlebak, tinggal penarikan jaringan tegangan menengah, trafo dan jaringan tegangan rendah. Targetnya tahun 2021. Sementara di Artalebar, masih menunggu hasil koordinasi antara Pemda Tanggamus dengan TNBBS,” kata Okta mewakili Manajer ULP PLN Kotaagung Puji Rahayu. (ehl/rnn/ais)


Komentar

Rekomendasi