oleh

Poltekkes Tanjungkarang Dukung Desa Tangguh Covid-19

RADARLAMPUNG.CO.ID-Menindaklanjuti kebijakan pemerintah perihal pencegahan penyebaran COVID-19 di Indonesia, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (pengabmas) di beberapa wilayah Provinsi Lampung.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin internal dosen yang di laksanakan setiap tahun sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan Pengabmas tahun ini menjadi spesifik saat ini masih berada di masa pandemic Covid-19.

Sehingga, serangkaian kegiatan pengabmas tahun ini lebih ditujukan untuk membentuk Desa/Kelurahan Tangguh COVID 19 di berbagai daerah.

Pembentukan desa tangguh covid 19 bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengorganisasikan berbagai kegiatan desa sehingga warga desa dapat beradaptasi dengan era hidup baru saat ini.

Rangkaian kegiatan di laksanakan selama dua bulan. Dimulai 5 oktober 2020 dan berakhir Selasa (1/12). Kegiatan pengabmas di laksanakan di desa Mulang Maya kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara.

Berbagai kegiatan yang telah dilakukan antara lain edukasi tentang pencegahan covid 19 dengan PHBS di masyarakat. Seperti diadakannya zoominar pemberdayaan perempuan dalam penanggulangan covid 19 dengan narasumber Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Riana Sari Arinal, penyuluhan PHBS pada santri, pengelola pesantren,anak PAUD/TK , pengadaan masker, fasilitas tempat cuci tangan dan antiseptic, membentuk tim satgas penanganan covid 19 serta peningkatan ketahanan pangan pada masyarakat terdampak covid 19.

Pengabmas di kelurahan Pinang Jaya Kemiling Bandarlampung.

Adapun sepuluh (10) tempat/wilayah yang mendapatkan bantuan dari masing-masing Prodi/jurusan yaitu : Jurusan Teknik gigi di wilayah kelurahan Rajabasa Raya, jurusan keperawatan gigi di kelurahan Pinang Jaya Kemiling, prodi kebidanan Metro di kelurahan Karang Rejo, jurusan analis kesehatan di kelurahan Waytataan Telukbetung, jurusan kesehatan lingkungan di kelurahan Rajabasa Pemuka, jurusan farmasi di desa Cimanuk Pesawaran, jurusan gizi di kelurahan Kedaung Kemiling, jurusan kebidanan di desa Karanganyar, ,jurusan keperawatan di desa Kalisari Natar dan prodi keperawatan Kotabumi di desa Mulang Maya Kotabumi.

Pengabmas di kelurahan Rajabasa Pemuka.

Kontribusi terbesar dari kegiatan ini adalah meningkatkan edukasi masyarakat tentang Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),meningkatkan kesadaran masyarakat tentang protokol kesehatan khususnya 3M (Memakai masker,menjaga jarak dan mencuci tangan ), membentuk tim satgas covid 19 serta penyediaan fasilitas-fasilitas umum seperti media promkes seperti banner dan stiker serta penyediaan tempat cuci tangan di setiap tempat strategis.

Pengabmas di desa Mulang Maya kecamatan Kotabumi Selatan kabupaten Lampung Utara

Diharapkan, kegiatan pengabmas dapat bermanfaat untuk memutus rantai penyebaran covid 19 serta terbentuknya desa-desa tangguh covid 19 di provinsi Lampung. (why/adv/wdi)


Komentar

Rekomendasi