oleh

Pringsewu Dapat Persetujuan Sebagai Tuan Rumah Porprov, Ini Syarat Dari KONI

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam rapat tahunan yang digelar KONI Lampung, Kamis (3/12), pengurus KONI Pringsewu diberi kesempatan menyampaikan niatnya menjadi tuan rumah gelaran pekan olahraga provinsi (Poprov) tahun 2022 mendatang.

Ketua KONI Pringsewu Dwi Pribadi di hadapan 58 cabang olahraga (cabor) dan pengurus KONI kabupaten/kota yang menjadi peserta rapat tahunan menyampaikan niat Pringsewu menjadi tuan rumah Porprov. Sejauh ini kata Dwi, pihaknya sudah melakukan beberapa tahapan.

Ia menguraikan beberapa faktor pendukung kenapa Pringsewu bisa menjadi tuan rumah. Di antaranya yakni jarak Pringsewu yang tak terlalu jauh dari Bandarlampung sehingga bisa ditempuh dengan perjalanan pulang pergi. Kemudian kelengkapan sarana transportasi, dengan didukung penginapan dan hotel yang tersedia banyak di Pringsewu.

“Pringsewu tersedia 13 hotel dan ini bisa menampung atlet yang ingin menginap. Kemudian juga ada 16 bank nasional dan banyak tersebar rumah sakit swasta dan milik pemerintah,” ungkapnya.

Namun, pihaknya juga menemui kendala yakni minimnya sarana dan prasarana olahraga di Pringsewu. Bahkan, Pemkab Pringsewu hanya memiliki satu GOR. Dengan waktu tak kurang 1,5 tahun lagi, menurutnya tak memungkinkan untuk membangun fasilitas olahraga.

Tetapi, berkat dukungan stakeholder dan masyarakat, kata Dwi, kendala itu bisa diakali. “Delapan perguruan tinggi dan sekolah mereka siap memberikan fasilitas olahraga dan aula untuk dipakai sebagai venue pertandingan,” kata Dwi. Hanya saja untuk venue atletik akan digelar di Bandarlampung. Karena Pringsewu tidak memiliki stadion.

Rencananya, Porprov kata Dwi dibuka
12 Mei dan ditutup pada 21 Mei di Bendungan Way Sekampung. “Kenapa kita pilih 21 Mei. Ini untuk hadiah akhir masa jabatan bapak Bupati Sujadi. Karena 22 Mei beliau harus meletakan jabatannya. Jadi malam penutupan hari terakhir beliau menjadi bupati dua periode. Dan nanti acara-acara lain disatukan di malam itu,” ujarnya.

Mendengar pemaparan Dwi, Waketum I KONI Lampung Prof Sunarto kemudian meminta kepada peserta rapat, apakah menyetujui pencalonan Pringsewu sebagai tuan rumah Porprov. “Setuju,” jawab kompak peserta rapat.

Saat ini, kata Sunarto, KONI Lampung tinggal menunggu surat persetujuan bupati dan DPRD sebagai syarat formal. “Kami menyetujui Pringsewu menjadi tuan rumah. Tetapi kami masih menunggu surat resmi dari DPRD dan Pemkab Pringsewu sebagai syarat yuridis,” tandasnya. (nca/sur)


Komentar

Rekomendasi