oleh

Duh, Harga Kebutuhan Pokok di Tanggamus Merangkak Naik

RADARLAMPUNG.CO.ID-Harga kebutuhan pokok menjelang pergantian tahun baru 2021 mengalami kenaikan harga. Menurut Kabag Perekonomian Setdakab Tanggamus Firmalinda, kenaikan harga kebutuhan pokok sudah terjadi sejak menjelang Natal dan terus berlangsung hingga menjelang pergantian tahun baru. Kenaikan harga kebutuhan pokok terus Firmalinda disimpulkan berdasarkan hasil monitoring dibeberapa pasar Tradisional.

“Ada beberapa yang naik, dari level biasa sampai yang tinggi,” ujar Firmalinda, Minggu.(27/12)

Ia mengaku, kenaikan sebenarnya sudah diprediksi saat rapat monitoring inflasi tiga bulanan bersama Pemprov Lampung dengan kabupaten/kota lainnya.

“Saat itu sudah ada peringatan kemungkinan adanya kenaikan harga bahan pokok disebabkan musim. Sebab sekarang ini awal musim hujan biasanya ada keterbatasan stok barang, dengan begitu maka kenaikan saat ini dipicu karena berkurangnya stok barang,”ucap Firmalinda.

Kenaikan yang masuk kategori tinggi contohnya harga telur. Semula biasa Rp 22.000-Rp 23.000 per kg kini sudah Rp 28.000-Rp 29.000 per kg. Begitu juga seperti cabai dan beberapa komoditas sayuran lainnya.

Dari kondisi tersebut, pihaknya telah melaporkan ke pimpinan daerah dan Pemprov Lampung. Untuk selanjutnya bisa ditentukan apakah dicarikan solusi atau langkah lainnya untuk atasi dampak kenaikan.

“Sampai sekarang jawaban untuk solusi dari kenaikan harga-harga seperti operasi pasar atau lainnya belum ada. Ya,kami tunggu saja,” tandas Firmalinda.(ehl/rnn/wdi)


Komentar

Rekomendasi