oleh

Mahasiswa IIB Darmajaya Ikuti Webinar Bisnis Kiat Pemuda Ciptakan Peluang Bisnis di Masa Pandemi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ratusan mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengikuti webinar bisnis “Kiat Pemuda Ciptakan Peluang Bisnis di Masa Pandemi” Minggu, (27/12). Kegiatan yang diselenggarakan Minat dan Bakat (Mibat) IIB Darmajaya ini menghadirkan Owner Dr. Koffie Mr. Alghazali Qurtubi dan Owner RGB Screen Printing Wayan Ardit melalui zoom meeting.

CEO Dr. Koffie Mr. Alghazali Qurtubi mengatakan dalam membangun usaha juga berawal dari sebuah mimpi yang besar. “Di tengah pandemi bisnis kopi juga memiliki prospek yang sangat bagus kedepannya,” ungkapnya.

Tingkat konsumsi kopi setiap tahunnya mengalami peningkatan. “Ini merupakan peluang bagi teman-teman mahasiswa untuk membuka usaha di tengah pandemi. Karena dalam kondisi apapun terdapat peluang yang bisa menjadikan sebuah usaha,” tuturnya.

Sementara, CEO RGB Screen Printing Wayan Hardiante mengatakan mengikuti organisasi sangat penting dalam menambah wawasan. “Untuk membangun usaha harus konsisten dari awal. Karena ketika kita konsisten akan mengetahui langkah-langkah untuk mengembangkan usaha yang dibangun,” ungkapnya.

Salah satu hal yang utama dalam membangun usaha, lanjut dia, juga memiliki jaringan yang dapat dibangun dari berorganisasi selama kuliah. “Dengan berorganisasi terdapat banyak peluang terbuka untuk berusaha dan mengembangkan diri kedepannya,” imbuhnya.

Lulusan IIB Darmajaya ini juga membagikan tipsnya untuk menarik customer dalam menggunakan produk atas jasanya. “Untuk desain dengan melakukan inovasi yang disukai oleh customer dan mengikuti trend saat ini,” ujarnya.

Terpisah, Rektor IIB Darmajaya, Dr. (Can). Ir. H. Firmansyah YA, MBA., MSc., mengatakan IIB Darmajaya sangat mendukung mahasiswa dalam berbisnis dengan adanya Inkubator Bisnis. “Karena mahasiswa tidak hanya harus memiliki kemampuan akademik dalam Era Revolusi Industri 4.0 saat ini. Kemampuan entrepreneur juga menjadi nilai tambah yang dapat membuka lapangan kerja terhadap masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Banyak lulusan IIB Darmajaya telah sukses menjadi entrepreneur. “Ada Sri Wahono dengan membuka Acosys dan Wayan juga alumni yang sukses dengan RGB Screen Printing,” ujarnya.

Firmansyah menambahkan berbisnis di tengah pandemi juga menjadi peluang yang besar dapat dilakukan mahasiswa. “Masyarakat sekarang sangat aware terhadap kesehatan sehingga bisnis yang dibangun juga harus mengutamakan higienis atau kebersihan,” tutupnya. (gie/sur)


Komentar

Rekomendasi