oleh

Saply : Kesehatan Prioritas Utama dalam Menerapkan Kegiatan Pembelajaran

Radarlampung.co.id – Bupati Mesuji, Saply TH memimpin acara Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Kabupaten Mesuji Tahun 2020 di Aula Kantor Bupati Mesuji Desa Wiralaga Mulya Kecamatan Mesuji, Selasa (29/12).

Adapun rakor yang digelar tersebut mengambil tema: Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar pada Masa Pandemi Covid-19 di Dinas Pendidikan pada tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA Tahun 2021.

Dalam Sambutannya, Bupati Saply menjelaskan, Kabupaten Mesuji, per 27 Desember 2020 dalam kategori zona kuning. Dalam zona tersebut, Mesuji dapat melaksanakan proses belajar mengajar kelas luring dan daring.

Perlu diketahui kita semua, Pemerintah telah mengeluarkan kembali Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Kesehatan, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah membuat pedoman untuk kegiatan belajar mengajar yaitu pedoman penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran akademik 2020/2021 di masa pandemi Covid-19.

“Saya selaku Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Mesuji mengajak seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan agar dapat melaksanakan Sosialisasi pihak sekolah kepada wali murid atau komite sekolah, agar tidak menambah klaster baru. Kedua Pendisiplinan penerapan protokol kesehatan. Ketiga Fasilitas ruang belajar, ruang laboratorium, perpustakaan, dan lain-lain, dilakukan penyemprotan disinfektan dan ventilasi yang baik, Pasca-pembelajaran dan masuk ke ruangan kelas tanpa berkerumun,” bebernya.

Selain itu, masih kata dia, Pemkab Mesuji membuat kebijakan di bidang pendidikan di masa pandemi Covid-19, diantaranya Kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menerapkan kegiatan pembelajaran, Tumbuh kembang peserta didik dengan kondisi psiko-sosial yang menjadi perhatian dalam penerapan layanan pendidikan selama masa pandemi Covid-19.

“Dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama empat menteri inj, bukan berarti Pemerintah Daerah terutama Kabupaten Mesuji langsung melaksanakan pada seluruh tingkat pendidikan secara luring. Akan tetapi, perlunya kerja sama secara komprehensif oleh kita semua. Maka, kita melaksanakan rapat koordinasi,” katanya. (muk/yud)


Komentar

Rekomendasi