oleh

Biaya UTBK kembali Normal

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021 yang menurut jadwal akan digelar pada pertengahan April mendatang terdiri dari tiga kelompok ujian.

Humas Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung M. Komarudin mengatakan, tiga kelompok ujian itu kelompok saintek, soshum, dan campuran (saintek dan soshum).

“Ada tiga kelompok ujian. Masing-masing kelompok ujian ada tesnya. Kelompok saintek atau soshum ada ujian TPS dan TKA saintek atau soshum. Sedangkan, untuk kelompok ujian campuran selain TPS, juga akan ada tes TPA soshum dan saintek,” ujarnya, Sabtu (2/1).

Komar menjelaskan, tes kompetensi akademik (TKA) saintek terdiri dari matematika, fisika, kimia, dan biologi. Sedangkan, untuk TKA kelompok ujian soshum yakni geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi. Dan kelompok ujian campuran, TPS serta TKA saintek dan TKA soshum.

“Alokasi waktu ujiannya pun berbeda, kelompok saintek dan soshum diberi waktu 195 menit, dan kelompok campuran 285 menit,” tukasnya.

Lalu, terkait biaya UTBK tersebut, jika tahun sebelumnya dibebankan rata sebesar Rp 150 ribu, tahun ini untuk kelompok saintek atau soshum sebesar Rp 200 ribu, dan kelompok ujian campuran sebesar Rp 300 ribu.

Untuk diketahui, tes UTBK rencananya akan digelar mulai 16 April untuk gelombang pertama, dan mulai tanggal 30 April untuk gelombang ke dua. (rur/yud)


Komentar

Rekomendasi