oleh

Antisipasi Pemalsuan, Dinas PMPTSP Tanggamus Siapkan Blangko Perizinan Dengan Hologram

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Tanggamus membuat terobosan dengan mengganti blangko perizinan ke model terbaru.

Blangko yang resmi berlaku tahun 2021 ini dilengkapi dengan stiker hologram berwarna kuning keemasan sehingga sulit untuk dipalsukan.

Plt. Kepala DPMTSP Tanggamus Jonsen Vanisa mengatakan, stiker hologram untuk meminimalisir terjadinya pemalsuan dokumen perizinan.

“Hari pertama kerja tahun 2021 ini, kami mulai memberlakukan blangko perizinan berhologram. Jadi apabila ada dokumen perizinan yang terbit tahun 2021 namun tidak ada stiker hologram bertuliskan DPMPTSP Tanggamus maka itu bisa dipastikan dokumen palsu,” tegas Jonsen Vanisa didampingi Sekretaris Dinas PMPTSP Adi Gunawan, Senin (4/1).

Dilanjutkan, dokumen perizinan yang dikeluarkan DPMPTSP dengan blangko baru ini mulai dari izin mendirikan bangunan (IMB), izin praktek dokter, praktek bidan, praktek perawat hingga usaha rumah makan.

“Proses pembuatan izin itu mudah, tidak ribet dan terjangkau. Jadi masyatakat yang hendak mengurus bisa langsung datang ke kantor DPMPTSP,” pungkas Jonsen.

Ditambahkan Sekretaris DPMPTSP Adi Gunawan, blangko yang dikeluarkan oleh bidang perizinan nantinya tetap dimonitor. Seperti ada laporan realisasi hingga digunakan untuk keperluan dokumen apa saja.

“Jadi akan benar-benar dikontrol. Misal di-drop blangko 100 lembar ke bidang perizinan. Kalau jatah tadi habis, tinggal minta lagi. Tapi laporannya harus jelas. Untuk dokumen apa saja. Kalau rusak, mana bukti rusaknya dan realisasi pendapatan asli daerah (PAD) juga harus jelas,” tandas Adi Gunawan

Gunawan mengungkapkan, program pelayanan dokumen perizinan ditengah masyarakat yang ramah, amanah,tegas dan unggul (Perikat RATU) tahun 2021 tetap akan dijalankan. Namun untuk tempat belum ditentukan.

“Perikat Ratu masih dilanjutkan tahun 2021. Sebab, itu merupakan salah satu Aksi dari 55 Aksi Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus. Untuk kecamatannya memang kita fokuskan yang jauh dari pusat pemerintahan. Seperti Ulubelu, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat,” ungkapnya. (ehl/rnn/ais)

 

Komentar

Rekomendasi