oleh

Dinkes Lampung Tunggu EUA Dari BPOM Untuk Membuka Vaksin Covid-19

RADARLAMPUNG.CO.ID – Provinsi Lampung telah terima 40.520 vaksin Covid-19, pada Minggu (3/1) sekitar pukul 22.07 WIB. Saat ini vaksin tersebut disimpan di Gudang Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung dengan suhu 2-8 derajat Celsius, sembari menunggu emergency use authorization (EUA) dari Balai POM.

Kepala Diskes Lampung Reihana menuturkan, saat ini pihaknya masih melakukan perhitungan dosis secara manual. Itu dilakukan lantaran perhitungan secara digital mengalami gangguan. “Jadi dari tadi malam sampai sekarang masih dilakukan perhitungan manual,” ujarnya, Senin (4/1).

Untuk pendistribusian, lebih lanjut Reihana menuturkan bahwa vaksin tersebut tidak boleh dibuka atau digunakan sebelum ada EUA dari Balai POM. “Tunggu itu dulu (EUA, red)  baru kita diizinkan, jadi sekarang cuma menjaga dulu. Untuk kapan didistribusikan lagi ke penerimanya, itu tergantung BPOM. Prioritas tahap satu tenaga kesehatan sebagai garda terdepan,” terangnya.

Menurutnya, setelah vaksin diterima akan ada pelatihan vaksinator secara daring oleh Kemenkes RI. “Kemungkinan akan ada daring rutin dengan Kemenkes beberapa hari ini,” ucapnya. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi