oleh

Infrastruktur dan Peningkatan Pelayanan Publik Masih Jadi Fokus Pembangunan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pembangunan infrastruktur dan peningkatan pelayanan publik masih menjadi fokus Pemkab Tanggamus pada 2021. Sejumlah program telah disusun dan dirangkum dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tanggamus 2021.

Bupati Dewi Handajani mengatakan, dalam dokumen RKPD tersebut telah digariskan bahwa tema pembangunan Kabupaten Tanggamus 2021 adalah Meningkatkan Daya Saing SDM, Pembangunan Infrastruktur
dan Pelayanan Publik untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Kehidupan Sosial.

“Tema pembangunan ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2021 yang merespon penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19 yang diutamakan pada penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi dan jaring pengaman sosial,” papar bupati.

Berdasar tema tersebut, maka prioritas pembangunan Tanggamus tahun 2021 adalah memperkuat daya dukung infrastruktur dan konektivitas, meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia, meningkatkan nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja.

“Lalu memperkuat ketahanan pangan, air dan energi, mengelola lingkungan hidup yang berkelanjutan dan mitigasi bencana serta meningkatkan tata kelola pemerintahan dan stabilitas kamtibmas,” kata Dewi.

Selain itu, terus Dewi, penyusunan program dan kegiatan tahun 2021 juga diarahkan untuk mewujudkan visi Tanggamus yang tangguh, agamis, mandiri, unggul dan sejahtera yang dilaksanakan melalui program inovatif.

Terdiri dari program pelayanan RATU, program Pesona Wisata RATU dan penjaringan aspirasi masyarakat melalui Program BUDE SAR’I dalam rangka mencapai target yang disusun dalam 55 Rencana Aksi DeSa ASIK.

Bupati juga memastikan bahwa sejumlah kegiatan fisik yang tertunda pada 2020 lantaran refocusing anggaran akibat pandemi virus Corona bakal dilanjutkan kembali tahun ini. (ehl/rnn/ais)

 

Komentar

Rekomendasi