oleh

Pemkab Tubaba Proses SK Lima Kepalo Tiyuh

RADARLAMPUNG.CO.ID-Sebanyak lima Kepala Tiyuh Terpilih hasil Pemilihan Kepala Tiyuh (Pilkati) serentak tahun 2020 di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan dilantik Januari 2021. Saat ini, Pemkab Tubaba melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setdakab setempat tengah memproses SK Pengangkatan Kepala Tiyuh Periode 2021-2027 tersebut.

“Yang pasti (pelantikan) bulan ini, tapi tanggalnya belum ditentukan. Untuk kepastian jadwal tentu akan kami koordinasikan terlebih dahulu dengan pimpinan. Saat ini pun SK-nya juga masih dalam proses,”ungkap Mansyur Yusuf, SE, MM, Kabag Tapem Setdakab Tubaba, Senin (4/1).

Sebagai persiapan, lanjutnya, seluruh kepalo tiyuh terpilih terlebih dahulu diberikan pembekalan, meliputi tentang tugas dan tanggung jawab, serta kewenangannya sebagai kepalo tiyuh.”Hari ini mereka kita undang untuk pembekalan dan persiapan pelantikan. Selain seputaran tugas kepalo tiyuh, pembekalan yang diberikan diantaranya juga tentang bagaimana tata cara pemberhentian dan pengangkatan perangkat tiyuh,”terangnya.

Dengan pembekalan yang diberikan sejak pra pelantikan tersebut, pihaknya berharap seluruh kepalo tiyuh terpilih pasca pelantikan nantinya dapat langsung terjun melaksanakan tugasnya.”Tugas-tugas kepalo tiyuh tentu sudah menunggu. Kita berharap, mereka langsung menunjukkan kiprahnya setelah dilantik untuk kemajuan tiyuhnya masing-masing,”harapnya.

Pasca dilantik, imbuh Mansyur, tugas penting yang harus segera dilakukan oleh kepala tiyuh adalah segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), Rencana Kerja Pemerintah Tiyuh (RKPT) Tahun 2021, dan Anggaran Pendapatan & Belanja Tiyuh (APBT).”Ini adalah keharusan agar kebijakan pembangunan di tiyuh terarah,”tandasnya.

Diketahui, lima kepalo tiyuh yang menang dalam pilkati serentak 16 Desember 2020 tersebut yakni Fajar Ahmad Efendi (Panaragan), Kamso (Penumangan Baru), Suyanta (Mulya Kencana), Laili Wandanar (Gunung Katun Tanjungan), dab Nurhadi (Bangun Jaya). (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi